Gunung Agung Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Warga Sekitar Diharap Tetap Waspada

  30 April 2019 PERISTIWA Karangasem

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Untuk kesekian kalinya Gunung Agung pada Selasa tanggal 30 April 2019 pukul 05:34 WITA kembali erupsi. Kali ini, Gunung Agung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl itu erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak (± 4.142 m di atas permukaan laut). 
 
 
Akibat erupsi tersebut, berdasarkan laporan hasil koordinasi petugas Pusdalops BPBD Provinsi Bali dengan petugas di kabupaten Karangasem dilaporkan Desa Datah dan Desa Dukuh Timur di Kecamatan Abang terjadi hujan abu tipis. ‎Sementara Desa Batu Dawa Kelod, Tulamben dan Tukad Abu dan perbatasan Kubu-Abang  di Kecamatan Kubu mengalami hujan abu lebat.
 
 
Berdasarkan sumber data KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Pos Pengamatan Gunungapi Agung menyebutkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 15 detik.
 
Saat ini Gunung Agung masih berada pada Status Level III (Siaga) dengan dua rekomendasi yaitu pertama bahwa masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. 
 
 
 
Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.
 
Rekomendasi kedua yaitu masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(BB).