Keceriaan Anak-anak Melepas Ribuan Kupu-kupu di Balitopia Gianyar

  20 April 2019 PENDIDIKAN Gianyar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Ribuan anak-anak yang mengunjungi taman kupu-kupu di Balitopia Butterfly Park, Gianyar mendapat pelajaran bagaimana proses perkembangan dari ulat menjadi kupu-kupu. Selain mendapat kesempatan melepas kupu-kupu, mereka juga diperlihatkan pada proses ulat membentuk kepompong di lab areal Taman Kupu-kupu.
 
 
Lebih dari 3000 kupu-kupu (Rhopalocera) yang berasal dari Pulai Bali dan Jawa dilepaskan sebagai tanda peresmian dibukanya Balitopia Butterfly Park oleh ratusan siswa siswi Sekolah Dasar dari lingkungan Kabupaten Gianyar. 
 
Taman Kupu-kupu seluas 2 hektar ini didesain dan dikelola oleh Bali Zoo dengan konsep yang memadukan antara alam bebas tempat habitat kupu-kupu dengan hutan tropis yang dilengkapi dengan berbagai tanaman dan bunga warna warni. 
 
 
Emma Chandra, Head of Public Relations menyebut ada 15 jenis spesies kupu-kupu yang tersebar memenuhi taman yang terletak di kawasan Pantai Saba Gianyar ini, yang juga dilengkapi beberapa ragam aneka serangga, reptil, unggas hingga rusa.
 
 
“Balitopia Butterfly Park menawarkan beragam program edukasi seperti Butterfly release, keeper talk dan animal encounter dan juga bagi pengunjung yang ingin merasakan serunya sensasi berinteraksi langsung dan dikelilingi oleh ribuan kupu-kupu. Pengunjung juga bisa melihat proses metamorphosis pada kupu kupu, mulai dari ulat, larva hingga menjadi seekor kupu kupu cantik,” ujar Emma, Sabtu (20/4). 
 
 
Di dalam Dome berukuran 1000 m2, pengunjung dapat dengan bebas berinteraksi langsung dan berfoto dengan ribuan kupu-kupu beraneka warna.
 
Dikatakannya selama soft opening (20 April – 31 Mei 2019) harga tiket masuk ke Balitopia Butterfly Park adalah wisatawan lokal Rp.75.000/dewasa dan Rp. 50.000/anak (2-12 tahun) sedangkan untuk wisatawan asing adalah Rp.150.000/dewasa dan Rp. 100.000/anak dengan jam buka setiap hari mulai pukul 10.00 wita hingga 08.00 wita. (BB)