Rai Mantra Hadiri Upacara Rsi Gana dan Mlaspas Palinggih di Pura Dalem Penataran Desa Pakraman Kepao

  19 April 2019 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Serangkaian Pelaksanaan Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mendem Pedagingan dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Penataran Desa Pakraman Kepaon, Pemogan, Denpasar Selatan dilaksanakan Upacara Rsi Gana, Mlaspas Palinggih, Pratima, Memben Pedagingan dan Mupuk Pedagingan pada Jumat (19/4) di Pura setempat.
 
Rentetatan pelaksnaan upacara yang telah dimulai sejak pagi hari ini turut disaksikan Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama undangan dari unsur legislatif, tokoh puri, tokoh masyarakat serta adat lainnya. Walikota Rai Mantra didampingi Camat Densel, I Wayan Budha, Kadis Sosial, I Made Mertajaya, Kabag Kesra, Made Raka Purwantara, dan Kabag Humas dan Protokol, Dewa Gede Rai.
 
 
Walikota Rai Mantra menyambut baik serta mengapresiasi Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mendem Pedagingan dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Penataran Desa Pakraman Kepaon, Pemogan, Densel. Upacara Yadnya ini telah dilaksanakan dengan baik merupakan perwujudan peningkatan Sradha Bhakti masyarakat dalam menjaga keharmonisan alam beserta isinya. “Pelaksanaan Upacara Yadnya ini juga tentunya sebagai sarana  peningkatan spiritual umat. 
 
“Pelaksanaan upacara Yadnya ini semoga saja dapat memberikan energi  positif bagi jagat Bali dan juga menetralisir hal- hal negatif di tengah berbagai macam hal yang terjadi dewasa. Hal ini demi menciptakan keseimbangan jagat beserta isinya” ujar Rai Mantra.
 
 
Walikota Rai Mantra juga turut mengikuti rangkaian upacara yaitu mendem pedagingan di Palinggih Dalem Tungkub dan menandatangani prasasti. Upacara Rsi Gana, Mlaspas Palinggih, Pratima, Memben Pedagingan dan Mupuk Pedagingan di Pura Dalem Penataran Desa Pakraman Kepaon, Pemogan, Densel dipuput oleh Ida Pedanda Gede Kekeran Pemaron Griya Agung Mandhara Munggu.
 
 
Bendesa Desa Pakraman Kepaon, I Gusti Ketut Wirya didampingi Ketua Panitia Karya, I Made Westra saat ditemui mengatakan Rangkaian Pelaksanaan Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mendem Pedagingan dan Tawur Balik Sumpah di Pura Dalem Penataran Desa Pakraman Kepaon, Pemogan, Densel ini telah dimulai sejak Soma Kliwon Uye, 11 Maret 2019. 
 
 
Pelaksanaan upacara diisi sejumlah upacara, diantaranya Mendak Ida Bhatara Pengrajeg Karya pada Sukra Pon Perangbakat, 29 Maret 2019, lalu Upacara Rsi Gana, Mlaspas Palinggih, Pratima, Memben Pedagingan dan Mupuk Pedagingan pada Sukra Wage Wayang, 19 April 2019. 
 
 
“Lalu pada Sukra Pon Dukut, 28 April 2019 dilaksanakan Mlaspas Bagia Pula Kerthi dilanjutkan Mendak Siwi pada Saniscara Wage Dukut, 4 Mei 2019 kemudian Melasti Ke Segara pada Redite Kliwon Watugunung, 5 Mei 2019, Mepepada Tawur pada Soma Umanis Watugunung, Mei 2019, kemudian Puncak Karya dilaksanakan pada Redite Pahing Sinta, 12 Mei 2019 yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Kekeran Pemaron ,Griya Agung Mandhara Mungu, Ida Pedanda Putra Pemaron Sidemn Griya Gede Sidemen Mengwi serta Ida Pedanda Jelantik Lilaarsa Griya Taman Sukawati. 
 
Penyineban dilaksanakan pada Wraspati Pon Landep, 22 Mei 2019. Pemlaspasan Pura sendiri meliputi areal Pura seluas 15 Are yang terdiri dari 33 Pelinggih, Candi Bentar, Bale Kulkul dan Kori Agung Pura.” ungkap I Gusti Ketut Wirya. 
 
Pada hari yang sama Rai Mantra juga menghadiri upacara memungkah dan ngenteg linggih di pura Semila Sari Br. Semila Jati Desa Pemecutan Kaja, dan Pura Taman Sari Desa Dangin Puri Kangin. (BB)