Karangasem Makin Maju, Bupati Mas Sumatri Buat 'Terobosan 7 T'

  08 April 2019 TOKOH Karangasem

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Kabupaten paling timur Pulau Bali yakni Karangasem sebenarnya memiliki potensi besar yang tak kalah dengan kabupaten lainnya. Namun diakui kalau kabupaten yang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tergolong kecil ini sangat wajar masih tertinggal dibandingkan yang lain.
 
 
"Penduduk kami paling tinggi angka kemiskinannya, IPM-nya rendah. Padahal potensi Karangasem begitu besar, ada Gunung Agung, Pura Besakih dan lautnya yang kaya dan indah," ucap Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri saat ditemui awak media Baliberkarya.com di kediamannya.
 
Mas Sumatri yang juga Ketua DPD Partai NasDem Karangasem ini mengaku heran, kenapa wilayahnya yang begitu luas mencapai 84 ribu hektar dan jumlah penduduk sekitar 500 ribu serta didukung potensi yang begitu besar itu masih kalah dengan kabupaten lainnya. "Ini tentu ada sesuatu yang harus dicari penyebabnya," ungkapnya. 
 
 
Dalam masa kepemimpinannya sejak 2016, Mas Sumatri melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, salah satunya dengan pola pembangunan yang dikenal dengan “7 T” yang telah ia terapkan. Dengan pola 7 T, Sumatri berharap bisa memacu lebih cepat pertumbuhan Karangasem dan kesejahteraan masyarakatnya.
 
 
"Adapun pola 7 T itu yakni Temukan, Tentukan, Tawarkan, Terapkan. Dan harus Tepat janji, Tepat mutu serta Tepat sasaran," jelasnya. 
 
Benar saja, apa yang telah dilakukan Bupati Mas Sumatri kini mulai terlihat hasilnya yakni kalau sebelumnya PAD Karangasem hanya sekitar Rp160 miliar, tahun ini meningkat signifikan Rp 270 miliar. Kenaikan itu terjadi, meski kondisi wilayah Karangasem belakangan ini tengah menghadapi tantangan yang tidak ringan yakni terjadinya erupsi Gunung Agung. 
 
 
"Tapi kami tetap optimis. Sebab Gunung Agung membawa berkah. Kalau tak ada material galian C dari limpahan gunung, bagaimana kita bisa membangun," tegasnya mengakhiri.(BB).