Kampanye Akbar di Bali, Surya Paloh Jadi 'Momentum Penting' Bagi NasDem

  04 April 2019 POLITIK Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Jelang pencoblosan Pilpres dan Pileg, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dijadwalkan akan hadir dalam kampanye akbar yang akan digelar pada Minggu 7 April 2019 di Jalan Veteran, Jalur 11 Karangasem. Kampnye bertema “NasDem for Jokowi 2019” itu rencananya dimeriahkan belasan ribu masyarakat Bali dari berbagai elemen.
 
 
Agenda kehadiran Surya Paloh ini disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa didampingi Sektretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti, dan Bendahara DPW Partai NasDem Provinsi Bali IGN Bagus Eka Subagiartha dalam keterangan pers di Sekretariat DPW Partai NasDem Bali, di Jalan Tukad Batanghari, Denpasar, Kamis sore (4/4/2019).
 
Menurut Oka Gunastawa, kehadiran Surya Paloh dalam kampanye akbar “NasDem for Jokowi 2019” ini merupakan rangakaian dalam tur kampanye akbar selama 21 hari di seluruh Indonesia. Sebelum bertandang ke Bali pada tanggal 7 April, Surya Paloh dan rombongan DPP Partai NasDem terlebih dahulu pagi harinya akan hadir dalam kampanye akbar di Jawa Timur. 
 
"Dari sana baru Surya Paloh langsung terbang ke Bali dan dijadwalkan tiba di Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 15.00 Wita. Kemudian ia langsung ke menuju Karangasem untuk transit di kediaman Ketua DPD Partai NasDem Karangasem IGA Mas Sumatri yang juga Bupati Karangasem. Selanjutnya baru menuju ke lokasi acara kampanye akbar di Jalan Veteran, Jalur 11 Karangasem," kata Gus Oka, sapaan akrab Oka Gunastawa.
 
Ket Foto: Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa atau Gus Oka
 
 
Dalam kampanye akbar ini, lanjut Gus Oka, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya juga turut hadir mendampingi Surya Paloh. Bahkan, sejumlah tokoh partai maupun tokoh Bali juga rencananya hadir, seperti mantan calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang juga saat ini masih aktif sebagai Walikota Denpasar.
 
Oka Gunastawa yang juga caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai NasDem ini mengungkapkan kehadiran Surya Paloh dalam kampanye akbar ini merupakan rangkaian tak terpisahkan dari Deklarasi Komando Pemenangan Wilayah (Kompemwil) Jokowi-Ma’ruf Amin Partai NasDem Provinsi Bali.
 
"Acara di Karangasem yang dihadiri Pak Surya Paloh ini adalah puncak akbar deklarasi komando pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Bali. Deklarasi Komando Pemenangan yang sampai ke tingkat kabupaten/kota kecamatan hingga desa se-Bali selama masa kampanye ini yang telah dilakukan secara maraton dan sporadis di seluruh wilayah Bali," jelas politisi ramah asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini.
 
Kehadiran Surya Paloh, sambung Gus Oka, tidak bisa dipisahkan dari seluruh kegiatan Komando Pemenangan Jokowi Ma'ruf tingkat wilayah sampai cabang termasuk di Bali. Baginya, momentum 7 April ini sekaligus untuk Deklarasi Akbar Komando Pemenangan Jokowi Ma'ruf, Karangasem dipilih sesuai yang menjadi program unggulan Jokowi yakni membangun daerah pinggiran maka tepat digelar di Karangasem.
 
"Saat ini, Kabupaten Karangasem tengah berjuang mengejar ketertinggalannya dari daerah lain pasca erupsi Gunung Agung sehingga ini menjadi momentum penting untuk bangkit membangun daerah," terangnya.
 
 
Gus Oka mengakui, deklarasi puncak Akbar dari seluruh kegiatan yang dihadiri Surya Paloh menjadi momentum penting dan strategis bagi NasDem Bali. Apalagi, tidak semua ketua umum partai politik hadir dalam kampanye di Bali.
 
 
"Kami di Bali, tidak boleh jumawa, kita prinsipnya berkompetisi dinamis kami berjuang untuk memenangkan Jokowi siginifikan," ungkap Gus Oka didampingi Bendara NasDem Bali Ida Bagus Eka Subagiartha dan Sekretaris Ni Luh Putu Nopi Serijayanti.
 
Selain itu, pesan dengan kehadiran Surya Paloh di Bali untuk  menunjukkan kepada dunia bahwa Jokowi sebagai figur yang menjaga kemajemukan, keragaman. Terlebih, menguatnya kembali politik identitas menjelang Pemilu kini menjadi sorotan sehingga tidak menguntungkan di mata dunia
 
"Kehadiran Ketua Umum Nasdem ini, sangat strategis memberi pesan kepada dunia, bahwa Jokowi memiliki komitmen kebangsaan, merawat keragaman kemajemukan di Indonesia termasuk di Bali," tandasnya.(BB).