Porjar Kabupaten Bangli Dimulai, Ajang Mencari Bibit Atlet

  26 Maret 2019 PENDIDIKAN Bangli

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Pelepasan balon ke udara oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra menjadi pertanda dimulainya pekan olahraga pelajar ( Porjar ) Kabupaten Bangli, Selasa (26/3/2019) di Lapangan Kapten Mudita. 
 
 
Pada kegiatan yang diawali dengan parade barisan   peserta kontingen ini dihadiri Forkopimda dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.
 
Sekda Giri pada kesempatan itu menyampaikan keikutsertaan sekolah dalam event Porjar sudah sewajarnya diberikan perhatian dan dukungan.
 
Menurutnya dari event tersebut dapat digali bakat dan potensi anak didik untuk peningkatan prestasi. “Tidak hanya mampu berprestasi di tingkat kabupaten, tetapi mampu bersaing pada jenjang yang lebih tinggi, baik ditingkat provinsi, bahkan besar tujuan  kita semua  sampai ke tingkat nasional dan internasional. “ujarnya.
 
 
Pada kesempatan itu Sekda Giri menyampaikan apresiasinya atas segala pengabdian untuk para pelatih, pembina dan insan olahraga lainnya. “Jangan pernah lelah melakukan pembinaan dari sejak dini demi menjaga daya saing prestasi olahraga Kabupaten Bangli yang telah berjaya sampai tingkat internasional, dan mari kita tunjukan bahwa generasi kita tetap mampu bersaing di level yang tinggi” imbuhnya.
 
 
Sementara itu panitia pelaksana Porjar Sang Nyoman Nada mengatakan, tujuan  pelaksanaan Porjar tahun ini, adalah untuk memacu prestasi atlet di kalangan pelajar dari tingkat sekolah dasar (SD) , SMP, SMA /SMK dari empat kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli.
 
Kegiatan ini juga akan digunakan sebagai evaluasi terhadap kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan oleh masing-asing sekolah guna  menggali bibit atlet dari usia dini yang potensial untuk dibina dalam program pembinaan prestasi. 
 
 
“Ini sebagai dasar  persiapan  untuk menyeleksi atlet pelajar sebagai kontingen Kabupaten Bangli dalam keikutsertaan pada pekan olahraga pelajar Provinsi Bali tahun 2019 di Denpasar serta  olimpiade olahraga siswa nasional ( O2SN) tingkat provinsi maupun nasional tahun 2019,” sebut Nyoman Nada.
 
Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan  pada Porjar kali ini meliputi atletik, pencak silat, bola basket, bola voli, catur, tenis lapangan, bulu tangkis, sepak takraw, tenis meja. Sedangkan 11 cabang olahraga lainnya yakni wood ball, judo, karate, taekwondo, tarung derajat, renang, panahan, dance sport, pentaque, balap sepeda, shirinji kempo, merupakan seleksi internal yang dilaksanakan di masing-masing pusat pelatihan pembinaan. 
 
“Nah untuk peserta kali ini kurang lebih sekitar 1.025 orang siswa  yang didukung oleh 212 wasit dan panitia” tutupnya. (BB)