Arah Kadee! Cawapres Sandiaga Uno ke Jembrana, Pendukung Jokowi-Ma'ruf "Kelimpungan"

  12 Maret 2019 POLITIK Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Kunjungan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno ke Jembrana tadi pagi hingga sore hari disambut dengan yel-yel dukungan kepada Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. 
 
 
Para pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin ini juga membentangkan spanduk disejumlah titik sambil meneriakan yel-yel. Bahkan spanduk untuk tidak mempolitisasi makom yang dikunjungi Sandiaga Uno ini, sempat dipasang oleh pihak keluarga disekitar lokasi ziarah Makam Wali Pitu.
 
Kedatangan Cawapres Sandiaga Uno ini mendapat apreasi yang beragam dari kalangan masyarakat di Jembrana. Selain mendapat sambutan hangat dari para pendukungnya, kehadiran Sandiaga Uno ini juga menjadi perhatian keluarga wali pitu, KH. S. Ali Bafaqih di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara. 
 
Makom ini memang menjadi salah satu tujuan kunjungan Sandiaga Uno ke Jembrana. Sejak Senin (11/3) malam dipasang spanduk imbauan agar tidak mempolitisasi makom tersebut. Imbauan tersebut dipasang oleh salah soerang keturunan KH. S. Ali Bafaqih, Habib Salim. 
 
 
 
Dalam spanduk yang terbentang di makam tersebut bertuliskan “Kami mohon tolong makom orang tua kami jangan dijadikan ajang politik”. Dalam spanduk tersebut juga berisi gambar Habib Salim yang dipasang digerbang masuk menuju makom tersebut.
 
Salah seorang keturunan KH. S. Ali Bafaqih yang mendampingi Sandiaga Uno, H. Didi Hadi Bin Ali Bafaqih mengaku  spanduk yang dipasang oleh adiknya itu bukan merupakan penolakan. Namun saat Sandiaga Uno datang, spanduk tersebut sudah dalam keadaan terlipat.
 
“Maklum politik, saya tidak menyalahkan. Politik ini satu menit pun bisa berubah. Saya anggap biasa karena tidak mempengaruhi persaudaraan. Dalam bersaudara baik-baik saja,” ujarnya, Selasa (12/3/2019).
 
Dibeberapa titik dijalur yang dilintasi oleh rombongan Sandiaga Uno, juga berlangsung aksi penyambutan oleh pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Seperti aksi yang digelar di simpang empat Jalan Gunung Agung, Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana. 
 
 
 
Selain membentangkan spanduk selamat datang serta dukungan kepada Jokowi, mereka juga meneriakan yel-yel Jokowi dua periode saat iring-iringan rombongan melintas. I Ketut Suastika, kordinator aksi mengatakan pihaknya melakukan aksi tersebut dijalur lintasan Sandiaga Uno untuk memberitahukan bahwa Jembrana telah mendeklarasikan mendukung Jokowi-Maf'ruf pada pemilu 17 April mendatang.
 
Terkait beragam apresiasi yang disampaikan oleh masyarakat Jembrana atas kunjungannya ke kabupaten Jembrana tersebut, Cawapres Sandiaga Uno menyatakan pihaknya mengapresiasi positif apa yang dilakukan oleh masyarakat Jembrana ini. Terkait progress pemenangan Pilpres, pihaknya mengaku masih berjuang.
 
"Kita masih berusaha, masih berjuang. Bisa lihat sendiri tadi lewat, ada yang menyambut, ada yang mengelu-elukan, tapi semuanya bergembira, semuanya positif dan ini kita kemas, kita bingkai dalam satu rajutan tenun kebangsaan. Kita hargai perbedaan itu sebagai bagian dari demokrasi," tandasnya.(BB)