6 Jegeg Bungan Desa Kuta Peroleh Beasiswa Pendidikan Bluebird hingga Tamat Sarjana

  09 Maret 2019 PENDIDIKAN Badung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Usai sudah rangkaian acara Festival Budaya Desa Adat Kuta 2019. Para pemenang dalam Pemilihan Jegeg Bungan Desa (JBD) Kuta 2019 dan lomba ogoh-ogoh telah diumumkan dihadapan ribuan warga dipanggung terbuka diareal Pura Segara Desa Adat Kuta, pada Jumat malam (8/3/2019).
 
 
Untuk lomba Ogoh-ogoh penilaian terfavorit diraih Sekaa Teruna Yowana Banjar Tegal Kuta. Favorit kedua Sekaa Teruna Eka Karma Banjar Pemamoran, favorit ketiga Sekaa Teruna Surya Darma Banjar Anyar. Harapan satu ST Wira Aditya Banjar Teba Sari, harapan kedua ST Sanggraha Yasa Banjar Pande Mas, harapan tiga ST Sadarana Darma Banjar Plasa.
 
Sedangkan Jegeg Bungan Desa (JBD) Kuta 2019 akhirnya dinobatkan kepada Ni Kadek Alisia Finlandia Daraputri (17 Tahun) dari Sekaa Teruna (ST) Surya Dharma Banjar Anyar Kuta. Ia berhasil menyisihkan para peserta JBD dari 12 banjar adat di Kuta setelah melalui seleksi ketat serta penilaian para dewan juri.
 
 
Untuk Runner UP Pertama diraih 'Jegeg Ayuning' yang bernama lengkap Ni Nyoman Ayuning Pringgondani (20 Tahun) dari ST Wana Udaya Parwata Banjar Pengabetan Kuta. Posisi Runner UP Kedua disabet Wayan Windy Indah Sari (19 Tahun) ST Jeladi Suta Banjar Segara Kuta. Runner UP Ketiga yaitu Ni Luh Made Elisa Intan Apsari (18 Tahun). 
 
 
Untuk, Runner UP Keempat ditempati Ni Putu Rikawulandari (17 Tahun), sementara Runner UP Kelima adalah I Gusti Ayu Puspa Kartika (20 Tahun). JBD Favorite Ni Ketut Daena Nila Sucipta (19 Tahun), The Best Of Catwalk Ni Made Egga Prasista (18 Tahun). Jegeg Fotogenik Ni Nyoman Maylinda Sri Dewi (18 Tahun).
 
Jegeg The Best Of Personality Ni Nyoman Sri Sugiartini Asih (19 Tahun). Jegeg The Best Of Public Speaking Ni Luh Putu Taksayani Putri (18 Tahun). The Best Of Intelegency Ni Luh Destri Ayu Putri Sentana (20 Tahun), Jegeg Berbakat Ni Kadek Asri Wahyuni (20 Tahun).
 
 
Pihak Blue Bird Group (BBG) yang selalu mensupport Festival Budaya Desa Adat Kuta setiap tahun itu memberikan dana khusus bagi para pemenang lomba ogoh-ogoh berupa dana pembinaan terhadap Sekaa Teruna Teruni (STT) di 13 banjar Desa Adat Kuta tiap tahunnya untuk kreatifitas ogoh-ogoh. Sementara bagi pemenang Jegeg Bungan Desa (JBD) Kuta 2019, selain hadiah langsung kepada 13 kontestan yang masuk finalis, enam JBD diantaranya juga diberikan beasiswa hingga tamat S1 sebesar Rp 2 juta tiap semesternya.
 
"Sejak awal bisnis (Bluebird) ini berdiri, orentasi kita tidak hanya terpacu pada bisnis. Tetapi bagaimana Bluebird ini bisa menyatu ditengah-tengah masyarakat dalam hal sosial, lingkungan, budaya termasuk juga hal yang sangat penting adalah kelangsungan pendidikan anak-anak. Karenanya kita mensupport penuh itu, seperti memberikan beasiswa kepada enam kontestan Jegeg Bungan Desa Kuta 2019 dan STT di 13 banjar untuk tiap tahunnya," ucap General Manager Blue Bird Group Area Bali-Lombok, dr. I Putu Gede Panca Wiadnyana, Sabtu sore (9/3/2019).
 
 
 
Menurut pria ramah yang akrab disapa Panca itu, banyak hal yang nantinya perlu dikemas oleh Desa Adat Kuta dalam meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan. Salah satunya kata dia adalah dengan terus menekan penggunaan sampah plastik di wilayah Kuta.
 
Dalam hal menjaga lingkungan pariwisata dari sampah plastik di Kuta, sangat penting digerakkan oleh generasi muda sehingga tidak hanya dinikmati oleh mereka yang datang ke Kuta tetapi juga para regenerasi selanjutnya warga di desa adat Kuta. 
 
Kegiatan semacam ini, kata Panca bisa berkembang bagi desa adat lainnya di Bali dan Blue Bird Grup akan selalu mensupport hal tersebut. "Kedepan kita akan terus support dan terbuka untuk generasi diwilayah desa adat lainnya," jelas Panca menyudahi.(BB).