Jelang Nyepi, Ratusan Wisatawan Asing Mulai Tinggalkan Bali Menuju Lombok

  03 Maret 2019 PERISTIWA Karangasem

Baliberkarya/dok

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Ratusan turis asing sejak dua hari lalu nampak sudah memadati pelabuhan penyeberangan di Padang Bai, Karangasem.
 
 
Sebagian ada yang menggunakan kapal cepat menuju Gili Trawangan dan ada juga yang langsung menuju Pelabuhan Lembar Lombok.
 
Umumnya sejumlah turis asing ini pergi meninggalkan Bali lantaran adanya Hari Nyepi, Kamis (7/3) nanti. Mereka memilih pergi lebih awal karena diprediksi saat H-2 Nyepi akan lebih membludak lagi.
 
Dari surat edaran dari PHDI Provinsi Bali, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, akan melakukan penutupan pelabuhan pada tanggal 7 Maret dinihari mendatang.
 
“Berkaitan dengan perayaan Nyepi maka aktivitas penyeberangan akan kami tutup total pada Hari Kamis (7/3), dengan pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Padang Bai pukul 03.00 Wita,” tegas I Nyoman Parwata, Perwira Jaga KSOP Padang Bai.
 
 
Aktivitas penyeberangan dan pelayaran akan kembali dibuka pada Jumat (8/3) dengan pemberangkatan kapal pertama dari Pelabuhan Padang Bai pukul 09.00 Wita.
 
Sementara untuk menghindari adanya penumpang atau kendaraan penyeberang yang terlantar di Pelabuhan Padang Bai akibat tidak terangkut oleh kapal terakhir, pihaknya menghimbau kepada para calon penumpang pemakai jasa penyebrangan di Pelabuhan Padang Bai untuk berangkat lebih awal. 
 
Bahkan pihak PT ASDP dan OPP Pelabuhan Padang Bai, akan menambah jumlah trip. Ini diperuntukkan guna mengantisipasi agar seluruh kendaraan dan penumpang bisa diseberangkan sebelum pelabuhan ditutup.
 
"Saya bersama keluarga dan teman sudah tiga kali di Bali saat Nyepi. Tapi katanya Nyepi ini tidak ada Internet, kami pilih ke Gili," aku Nova, wanita asal Australia saat ditemui di Kuta, Minggu (3/3).(BB)