Hasil Survei Internal, PDIP Klaim Dominasi Kursi DPR RI, Demokrat dan Hanura 'Peluang Tipis'

  07 Februari 2019 POLITIK Denpasar

ilustrasi nett

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Menjelang dua bulan pemungutan suara Pemilu Legislatif (Pileg)‎, perebutan sembilan kursi DPR RI daerah pemilihan (dapil Bali) makin ketat. Berbagai langkah dan intrik politik dilakukan dalam upaya mengamankan kursi wakil rakyat di Senayan.
 
 
PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pemilu 2014 tampaknya semakin percaya diri merebut kursi DPR RI dapil Bali. Target lima kursi DPR tampaknnya sudah yakin diraih dan naik satu kursi dari hasil Pileg 2014.‎ 
 
Peluang enam kursi bagi PDI Perjuangan Bali masih cukup realistis untuk dibidik. Sementara untuk Golkar diprediksi tetap bertahan dengan dua kursi, Gerindra satu kursi, dan Nasdem bisa berpeluang 1 kursi.
 
 
"Lima kursi aman untuk DPR dari PDI Perjuangan Bali. Peluang dapat enam kursi juga masih terbuka lebar. Golkar mungkin masih dapat 2 kursi ke DPR, Gerindra mungkin 1 karena nyapres. Dua kursi dari Demokrat bisa hilang. Satu kursi bisa direbut NasDem," ucap salah satu caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI dapil Bali yang enggan namanya disebut‎ sambil membocorkan hasil survei‎.
 
Dari hasil Pileg 2014 dari 9 kursi DPR RI dapil Bali, empat kursi milik PDI Perjuangan, dua kursi milik Golkar, dua kursi milik Demokrat dan satu kursi untuk Gerindra. Berdasarkan hasil survei internal partai besutan Megawati Soekarno Putri, dalam Pileg 2019 ini, dua kursi DPR RI milik Demokrat yang dijabat Tuti Kusuma Wardhani dan Putu Supadma Rudana diprediksi bisa hilang salah satunya atau bahkan keduanya. 
 
 
Menurutnya, kedua caleg petahana ini dinilai tidak sekuat pendahulu yang digantikan dalam PAW (Pergantian Antar Waktu) yakni Jro Wacik dan Putu Sudiartana alias Putu Liong. Pernyatan tak jauh berbeda juga disampaikan Wakil Ketua DPP PDI Perjuangan, I Made Urip. 
 
"Kalau target 5 kursi DPR RI Dapil Bali untuk PDI Perjuangan itu sangat aman. Mudah-mudahan bisa lebih. Kalau dapat 6 kursi, juga astungkara," kata Made Urip yang juga Korwil Bali DPP PDI Perjuangan yang kini sudah empat kali periode duduk di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali.(BB).