Bawa Ribuan Turis, Kapal Cruise Kembali Sandar di Buleleng

  21 Januari 2019 EKONOMI Buleleng

ist for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Buleleng. Pelabuhan Celukan Bawang kembali disandari kapal Cruis yang mengangkut ribuan turis asing dari berbagai negara. Bahkan begitu sandar, Bupati Buleleng langsung serta menyambut wisatawan sekaligus "kepoin" seisi ruangan dalam kapal berbobot 55,575 GT.
 
 
Kapal itu tiba pukul 08.00 Wita dan baru sandar pukul 17.00 Wita di Dermaga I, Senin (21/1) dan mengangkut wisatawan asal Amerika Serikat, Kanada, Prancis,Australia, Inggris, New Zealand, Belanda, Israel, hingga Jerman.
 
GM Pelindo III Celukan Bawang, Rio Dwi Santoso mengatakan pihaknya tetap konsisten mendatangkan kapal pesiar dengan jadwal yang telah ditentukan. 
 
"Jadwal kedatangan telah dibuat untuk setahun karena diharapkan setiap bulan ada jadwal kunjungan kapal. Harapan kita dengan semakin banyak yang datang semakin menguntungkan buat sektor ekonomi Buleleng terutama  untuk pariwistanya,”jelas Rio dalam rilisnya.
 
Menurutnya, keberadaan Pelabuhan Celukan Bawang memang dipersiapkan untuk membangun ekonomi dari sektor kelautan. 
 
 
"Pelabuhan di Celukan Bawang tidak hanya sebagai pelabuhan bongkar muat maupun untuk penunjang kawasan industri. Tetapi telah kita persiapkan sebelumnya agar memiliki orientasi membangun industri pariwisata yang menjadi karakteristik Bali, khususnya di Buleleng," akunya.
 
Bahkan kata dia disinggahi kapal cruise bukan kali pertama di Celukan Bawang. Lanjutnya, Pelindo III Celukan Bawang sudah memiliki design pengembangan pelabuhan dalam bentuk Rencana Induk Pengembangan Pelabuhan (RIP).
 
Dan itu, jelasnya sudah mengcover keberadaan  kapal cruise maupun kapal yacht yang hendak berlabuh.
 
”Khusus untuk kapal yacht saat ini kami sudah melakukan agreement dengan Kementrian Pariwisata RI agar Pelabuhan Celukan Bawang disinggahi kapal-kapal yacht berdasarkan jadwal event sail nasional dan internasional,”ujarnya.
 
 
Karena itu,untuk membangun kepercayaan pelayaran internasional,saat ini Pelabuhan Celukan Bawang telah memiliki standar kesalamatan pelayaran internasional atau International Safety and Port Fasilities Security (ISPS Code).
 
Pelabuhan Celukan Bawang ditegaskan oleh Rio juga telah bersertifikat ISPS Code. "Ini akan menambah kepercayaan pelaku bisnis kelautan karena pelabuhan Celukan Bawang telah memiliki sertifikat ISPS Code,” Tutupnya yang mengaku belum sempat mendata jumlah turis seluruhnya yang diangkut oleh kapal berbobot 55,575 GT, itu.(BB)