Jelang Pilpres, Puluhan Napi di Jembrana Sosialisasi Pemilu dan Perekaman e-KTP

  17 Januari 2019 POLITIK Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Puluhan Narapidana di Rutan Kelas 2B Negara siang tadi diberikan sosialisasi pemilu 2019. Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan perekaman KTP Elektronik (e-KTP) bagi para napi dan tahanan. Kegiatan berlangsung di Aula Rutan Negara. 
 
 
Kepala Rutan Kelas II B Negara, Purniawal kepada awak media mengatakan, para narapidana di rutan kelas II B Negara mengikuti sosialisasi dan perekaman KTP Elektronik untuk mensukseskan Pilpres dan Pileg April 2019 mendatang. Dari 119 penghuni rutan, sebanyak 50 narapidana yang mengikuti sosialisasi Pemilu dan Perekaman.
 
"Sebanyak 50 napi tersebut mengikuti sosialisasi dan perekaman e-KTP karena 10 napo tidak memiliki KTP, 32 napi KTP nya hilang dan 8 napi lainnya juga tidak memiliki KTP karena berasal dari luar Bali," terangnya, Kamis (17/1/2019).
 
 
 
Perekaman ini selain dari pihak Rutan atau Kemenkum HAM RI, juga dari Dinas Catatan Sipil Jembrana, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu.
 
Sementara itu, anggota KPUD Jembrana, Ni Putu Angelia menuturkan, tujuan dari perekaman e-KTP dan sosialisasi Pemilu adalah untuk melindungi hak pilih para Napi. Dimana perekaman KTP ini akan sangat penting, sebab ketika tidak terdaftar warga binaan bisa memberikan hak pilihnya dengan membawa e-KTP.
 
 
Dalam perekaman, KPU dan Bawaslu Jembrana juga menyelipkan sosialisasi tahapan Pemilu. Kemudian, cara mencoblos surat suara yang harus dilakukan para Napi. Diharapkan dengan sosialisasi tersebut angka golput bisa ditekan.(BB)