Sakit 'Gede' ! Geger Viral di Facebook Lelucon Lecehkan Agama Hindu, Polisi Tangkap Dong Ora

  12 Januari 2019 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Sejak tiga hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan unggahan lelucon yang dinilai sangat melecehkan Agama Hindu. Dalam video itu diperankan seorang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya.
 
 
Penelusuran Baliberkarya.com, video diunggah diakun facebook (fb) Made Pasek Gaduh sekitar tiga hari lalu atau tanggal 9 Januari 2019. Terlihat seorang laki-laki mengenakan kain (kamen) hingga dada, lengkap dengan selendang diikat (senteng) tanpa mengenakan baju. Sementara dikedua daun telinga dan di kepalanya berisi bunga. 
 
Kemudian tangan kiri lelaki tersebut memegang genta berukuran kecil yang igerak-gerakan layaknya seorang Sulinggih sedang memimpin upacara persembahyangan. Sementara tangannya memegang bunga yang kemudian bunga tersebut dilemparkan seiring dengan mantra yang diucapkan.
 
Celakanya mantra yang diucapkan lelaki itu justeru mantra Hindu yang artinya diplesetkan, yakni 'Om Nama Sidem, Mate Kiap Nagih Medem' kalimat itu diucapkan berulang-ulang. Kemudian tangan kanannya meraih botol minuman dan kemudian dituangkan ke tanah layaknya pemangku melakukan tetabuhan.
 
 
 
Sayangnya tetabuhan tersebut bukan mengunakan tetabuhan yang lazim digunakan saat upacara, melainkan menggunakan minuman beralkohol berupa Bir. Bukan hanya menuangkan ke tanah, laki-laki itu meminumnya. 
 
Tidak cukup sampai disitu, lelaki tersebut kembali mengucapkan mantra lainnya yang artinya juga diplesetkan, yakni 'Om jeneng guling bebangkit kemben di kumbesari, nas sakit ngayab banten sing misi sesari' dibarengi dengan sentilan bunga dari tangan kanan dan menggoyangkan genta kecil dengan tangan kiri. Kemudian kembali mengambil sebotol Bir dan meminumnya.
 
Aksi pria dalam rekaman video yang diunggah di akun Fb Made Pasek Gaduh tiga hari lalu kontan saja menjadi viral dan telah dibagikan hingga 1900 lebih serta dikomentari ribuan netizen. Sebagian besar netizen mengecam aksi pria tersebut lantaran dinilai sangat melecehkan Agama Hindu dan meminta aparat kepolisian membekuknya, namun ada pula netizen yang menanggapi sebagai lelucon belaka.
 
 
"Ini sudah pelecehan Agama Hindu, polisi harus menangkap orang itu. Orang macam begitu cocoknya dibuang di rumah sakit jiwa," ujar beberapa netizen.
 
Sementara sejumlah netizen justru meminta tokoh-tokoh Hindu atau Lembaga Agama Hindu termasuk pemuda Hindu melaporkan orang tersebut ke polisi agar polisi bisa langsung bertindak tegas terhadap pelaku. Sementara beberapa netizen lainnya meminta agar menghentikan penyebaran video tersebut di medsos.(BB)