Viral, Foto Karang Penyangga Pura Uluwatu Retak

  08 Januari 2019 PERISTIWA Badung

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Viral foto kondisi Pura Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang retak dengan lebar 30 sentimeter dan kedalaman 30 senti meter. 
 
 
Viralnya foto dengan kondisi retak di media sosial itu tampak kondisinya retak cukup panjang. 
 
Pura yang disebut-sebut menjadi penyanggah 9 mata angin dalam kepercayaan agama Hindu Bali itu kini menjadi pertanyaan banyak orang sehingga menimbulkan kekuatiran sendiri baik bagi umat Hindu Bali yang sedang melakukan persembahyangan maupun ribuan wisatawan yang setiap hari memadati Pura Uluwatu.
 
 
Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BPBD Bali Made Rentin, seizin Kalaksa BPBD Bali menjelaskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak PUPR Provinsi Bali. 
 
"Saya sudah koordinasi dengan PUPR Bali untuk mengecek kebenaran viralnya Pura Uluwatu yang retak itu. Oleh Sekretaris PUPR Bali Dewa Ayu Puspa menjelaskan bahwa retakan itu sudah ditangani sejak tahun 2013 lalu. Hanya saja, retakan yang sama kembali muncul saat akan melakukan perbaikan Pura karena ada bagian yang tidak tertangani, tidak tertambal. Dan ini baru kelihatan sekarang. PUPR Bali mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak pemangku di Pura Uluwatu dan diperoleh penjelasan bahwa itu memang retakan lama dan tidak ada perubahan apa pun. Retakan itu sudah lama," ujarnya dikonfirmasi di Denpasar, Selasa (8/1).
 
 
Kondisi pura yang terletak di ketinggian 77 meter di atas permukaan laut tersebut kini menjadi atensi khusus dari BPBD Bali karena kuatir akan terjadi kecelakaan jika sedang sembahyang.(BB)