Denfest 2018, Pemkot Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

  27 Desember 2018 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Humas Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pelaksanaan Denpasar Festival tahun 2018 tinggal menghitung hari. Festival tahunan milik Pemkot Denpasar ini akan dibuka secara resmi pada Jumat (28/12) esok. Guna mengatasi permasalahan parkir dan mengurai kemacetan saat kegiatan berlangsung, Dinas Perhubungan Kota Denpasar telah merencanakan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir saat pelaksanaan Denfest.
 
 
Kabid Pengendalian dan Operasional Dishub Denpasar, I Ketut Sriawan saat dikonfirmasi Selasa (26/12) kemarin menjelaskan bahwa dalam pelaksanan Denfest tahun 2018, Jalan Gajah Mada tepatnya dari simpang Jalan Krisna-Jalan Gajah Mada ke timur dan Jalan Veteran dari Catur Muka hingga simpang jalan Karna-Jalan Durian akan ditutup total selama gelaran Denfest dari tanggal 28-31 Desember mendatang
 
Pun demikian, Sriawan mengatakan pasti akan terjadi penumpukan kendaraan, hal ini lantaran antusiasnya masyarakat untuk menunjungi gelarah akhir tahun di pusat Kota Denpasar ini. dengan demikian, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dan penyediaan kantong parkir juga dilaksanakan untuk mengantisipasi macet yang berkepanjangan. Dari arah barat, yakni Jalan Gajah Mada, jika terjadi penumpukan jumlah kendaraan di simpang Jalan Sumatera-jalan Arjuna, maka pengalihan arus akan dilaksanakan mulai di simpang Jalan Sulawesi-Jalan Kartini. 
 
“Hal ini  untuk meminimalisir jumlah kendaraan yang menuju ke timur sampai di simpang Jalan Arjuna-Jalan Sumatera,” paparnya.
 
 
Lebih lanjut dikatakan, untuk arah Selatan, pihaknya akan melakukan system buka tutup untuk kendaraan yang akan melintas di Jalan Sudirman menuju Jalan Surapati, hanya saja itu diberlakukan saat pembukaan dan penutupan saja. Kalaupun nantinya terjadi kemacetan di simpang Jalan Sugianyar-Jalan Beliton, maka kendaraan yang berasal dari arah Jalan Hasanudin akan dialihkan menuju Jalan Sutoyo dan yang dari arah Jalan Sugianyar akan dialihkan menuju Jalan Letda Made Putra.
 
Untuk arah Utara, pihaknya mengaku akan dilaksanakan pengalihan arus di sekitar simpang Jalan Kepundung-Jalan durian untuk mengurai kemungkinan adanya penumpukan kendaraan saat pelaksanaan denfest. “Nanti kalau terjadi macet, maka arus dari Jalan Kedongdong menuju Jalan Durian akan ditutup,” bebernya.
 
 
Sedangkan untuk kantong parkir, Dishub Denpasar turut menyediakan kantong parkir yang berada di sekitar lokasi Denfest tahun 2018 ini. Yakni parkir undangan VIP berlokasi di Halaman Kodam IX Udayana, sedangkan untuk para pengunjung tersebar di masing-masing arah, seperti di Sentral Parkir Pasar Lokita Sari Wisata, Parkir Basement Pasar Badung, Jalan Sulawesi, Jalan Sugianyar, Jalan Beliton, Jalan Sutoyo, Jalan Sumatra, Jalan Veteran, Jalan Udayana, Jalan Durian, dan Jalan Kaliasem yang menggunakan satu sisi pinggir jalan. “Diharapkan bagi semua pihak turut mengindahkan peta pengalihan arus lalu lintas guna mendukung suksesnya pelaksanaan Denfest tahun 2018 ini,” jelasnya. Selain itu, pada gelaran Denfest tahun ini Dishub Kota Denpasar turut menyiagakan sedikitnya 150 personil yang bersiaga di sekitaran lokasi Denfest 2018. (BB)