Jelang Misa Natal, Puluhan Polisi Seterilisasi Sejumlah Gereja di Jembrana

  21 Desember 2018 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Puluhan anggota Polisi dari Brimob Gilimanuk dan anggota Polres Jembrana sore tadi melakukan seterilisasi Gereja, berkenaan pelaksanaan Misa Natal yang akan digelar dua hari lagi.
 
 
Puluhan aparat kepolisian itu melakukan seterilisasi di Gereja Mandira Shanti di Lingkungan Pendem, Negara dan sejumlah gereja lainnya di Jembrana dengan bersenjata lengkap.
 
Petugas menyisir mulai dari halaman depan gereja, semak-semak dan wilayah liar gereja hingga bagian daalam Gereja tempat melakukan ibadah. Personil Brimob menggunakan alat pendeteksi bom berupa metal detector dan mirror, menyisir disetiap ruangan dan sudut Gereja.
 
Hasil penyisiran, tidak ditemukan, adanya ancaman atau gangguan yang berpotensi mengganggu pelaksanakan ibadah Natal. Namun demikian, polisi akan terus melakukan penjagaan terhadap segala kemungkinan bahaya yang dapat menyebabkan gangguan Kamtibmas.
 
 
 
Kabag Ops Polres Jembrana, Kompol Mahfud Didik Wiratmoko mengatakan, di wilayah Jembrana selain penebalan pengaman Gilimanuk, juga menjaga enam Gereja TO (Target Operasi).
 
“Masing-masing Gereja Santa Maria di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Gereja Jamaah Injil di Mendoyo Dangin Tukad, Gereja Santo Yoseph di Banjar Tengah, Mandira Santhi di Pendem, Negara, Gereja Katholik Hati Kudus Palasari, Melaya, Gereja Peniel Blimbingsari, Melaya,” terang Didik, Jumat (21/12/2018).
 
Lanjutnya, nantinya pada saat Misa Natal, dua atau tiga jam ada sterilisasi wilayah sekitar gereja. Masing-masing jemaat akan diperiksa barang bawaannya oleh aparat kepolisian yang bertugas melakukan pengamanan di Gereja.
 
 
 
Pihaknya juga mengatensi khusus terkait ancaman terorisme, miras dan ancaman tindak kejahatan lainnya dengan menyiagakan personil selama 12 hari di Gereja-Gereja. Personil yang ditunjuk melakukan pengamanan telah melaksanakan tugas dari hari kemarin hingga 1 Januari 2019 mendatang.
 
"Di Gereja-gereja kita bangun pos pengamanan. Personil yang dilibatkan selain dari Polres Jembrana, juga dari Brimob,” ujarnya.
 
Dijelaskan pula, pihaknya menerjunkan 549 personel Polri, yang disiagakan sebanyak 200 personel Polres Jembrana. 200-an personel ini akan disebar dalam enam pos penjagaan, di sepanjang jalur Denpasar Gilimanuk. Penebalan personil di Pelabuhan Gilimanuk juga sudah dilakukan sejak hari ini.(BB)