Hujan Lebat Semalaman, Sejumlah Kabupaten/Kota di Bali Diterjang Banjir dan Longsor

  08 Desember 2018 PERISTIWA Denpasar

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Hujan deras disertai angin kencang dan petir pada Sabtu (8/12) malam menimbulkan bencana banjir di beberapa titik wilayah kota Denpasar. Selain di kota Denpasar bencana seperti tanah longsor, pohon tumbang dan tembok ambrol hampir dialami di beberapa kabupaten di Bali seperti Badung, Gianyar, dan Klungkung.
 
 
Informasi yang berhasil dihimpun, di kota Denpasar banjir melanda wilayah Ubung Kaja, Monang Maning, Jalan Kebo Iwa Selatan, Jalan Pakis Haji Timur, Jalan Pidada, Jalan Akasia, Pura Demak, kawasan Simpang 6, Pulau Yapen, dan beberapa titik lainnya.
 
Di kabupaten Badung, tembok sanggah jebol akibat banjir di Perum Dalung, dalam peristiwa ini menimbulkan korban luka dan sudah diatensi ke Rumah Sakit. Selain tembok hancur, akibat hujan lebat di Badung, pohon tumbang menimpa sebuah pura di Pura Dalem Solo, Kapal untungnya nihil korban jiwa dalam peristiwa ini.
 
 
Selain itu banjir dan pohon tumbang terjadi di lingkungan Banjar Tambak Sari, pohon besar tumbang juga terjadi di Desa Tangep, Kapal. Selain itu banjir melanda Banjar Dajan Peken, Desa Mengwitani, dan di pasar Merta Sari, Kerobokan, Kuta Utara. Dampak akibat banjir di lokasi ini puluhan kios di areal pasar tergenang banjir setinggi 1,2 meter. Dan masih banyak lagi titik banjir dan longsor lainnya.
 
 
Semua peristiwa banjir itu menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ermy Setiari sudah diatensi oleh tim gabungan TRC BPBD Badung.
 
"Iya semua peristiwa sudah diatensi dan sudah dilakukan penanganan oleh tim kami," ucapnya terkonfirmasi Sabtu (8/12).
 
 
Sementara itu di kabupaten Gianyar akibat hujan deras terjadi di tanah longsor di wilayah Batubulan saat ini tim gabungan SAR Denpasar telah melakukan upaya evakuasi satu keluarga yang tertimbun longsor.
 
"Iya kita sedang melakukan upaya evakuasi korban," ucap salah satu petugas SAR Denpasar terkonfirmasi, Sabtu (8/12).
 
 
Di kabupaten Klungkung hujan deras mengakibatkan sebuah pohon besar tumbang dan menimpa sebuah gudang di Dusun Payungan, Desa Selat, Klungkung sekira pukul 05.00 wita. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
 
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bali Komang Kusuma Edi  Meirita mengimbau agar setiap warga masyarakat bisa membantu atau mengatensi di wilayahnya masing-masing. Apalagi saat ini cuaca sedang tidak bersahabat.
 
"Saat ini cuaca sedang tidak bersahabat maka mohon dibantu agar masing-masing pihak dapat atensi sikon di lingkungan sekitar, amankan diri dan dampak hujan ini agar diwaspadai dengan cermat. Pusdalops dan Tim TRC BPBD kabupaten/kota dan provinsi sudah melakukan komunikasi lanjut penanganan dampak genangan air dan banjir yang terpantau dan terlaporkan di beberapa lokasi sesuai hasil kaji cepat tim TRC," ucapnya dikonfirmasi Sabtu (8/12).(BB)