Buka Kursus Orientasi Singkat Kepramukaan, Wabup Kasta Imbau Lahirkan Calon Pemimpin dari Pramuka

  05 Desember 2018 PENDIDIKAN Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung menyelenggarakan Kursus Orientasi Singkat yang dibuka Wakil Bupati Klungkung Made Kasta sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan Gugus Depan (Gudep) ini  melibatkan Kepala sekolah SD, SMP, SMA/SMK selaku Kamabigus, Pembina dan peserta didik (Penggalang dan Penegak), di SDN 1 Kamasan, Rabu (5/12/2018)
 
 
Dalam amanatnya Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung Made Kasta mengimbau untuk mencetak pemimpin masa depan yang berasal dari pramuka. Karena seorang pramuka sejati akan benar benar mengamalkan Tri Satya Pramuka  dan Dasa Darma Pramuka sebagai pedomannya.
 
“Kalau seorang pemimpin lahir dari pramuka, maka saya yakin kejujuran dan keberanian akan tetap terjaga karena seorang pramuka sejati akan mengamalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka sebagai pedomannya, untuk itu saya harap semua murid menjadi anggota pramuka.”ujar Wabup Kasta.
 
Wabup Made Kasta juga mengeluhkan sulitnya Organisasi Pramuka dalam mendapatkan dana operasional. Padahal dalam pasal 32, ayat 2 tentang  keuangan menyatakan pemerintah dan pemerintah daerah  dapat memberikan pendanaan kepada pramuka yang bersumber dari APBN dan apbd. 
 
 
Namun meskipun mengalami keterbatasan anggaran Wabup Made Kasta berharap Kwatir Cabang Klungkung untuk tidak henti hentinya membentuk watak serta peradaban anak didik yang bermartabat sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa  serta sehat, cakap kreatif , mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
 
Sementara itu,Ketua Panitia yang sekaligus Sekretaris Kwarcab Klungkung Ngakan Made Kasub  Sidan dalam laporannya mengatakan dalam rangka peningkatan kompetensi pengelolaan Gugus Depan dan Pembina Pramuka digelar berbagai kegiatan. Di antaranya Kursus Orientasi Singkat,penyegaran Pembina pramuka, orientasi penguatan kompetensi DKC, Gladian pimpinan regu, gladian pimpinan satuan penegak serta kegiatan pitara pelatih. 
 
 
Seluruh kegiatan diselenggarakan di SDN 1 Kamasan, mulai dari 5 hingga 9 Desember 2018. Sementara untuk wilayah Nusa Penida seluruh kegiatan serupa akan diselenggarakan pada bulan Februari – Maret 2019. (BB)