November Flamboyan Time

Tamba dan Warga Tanam Flamboyan di Gilimanuk

  29 November 2018 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Rupanya keinginan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali I Nengah Tamba untuk menciptakan November Flamboyan Time di Jembrana, khususnya di wilayah barat bukan isapan jempol belaka.
 
 
Terbukti, tadi pagi dengan mengajak puluhan warga setempat, staf DPR RI Putu Supadma Rudana, Tamba melakukan penghijauan dengan menanam puluhan pohon Flamboyan di sekitar Pura Segara, Gilimanuk. Selain menanam Flamboyan, mereka juga melakukan aksi bersih-bersih.
 
"Kita ingin Jembrana sektor pariwisatanya meningkat. Nantinya kita harapkan ada kunjungan wisata November Flamboyan Time di Jembrana. Karena itu kita perlu menanam Flamboyan yang banyak. Hari ini kita memulainya dari kawasan Pura Segara, Gilimanuk," terang politisi senior Partai Demokrat ini, Kamis (29/11/2018).
 
Menurutnya ada puluhan tanaman Flamboyan yang ditanam di areal Pura Segara yang berdekatan dengan dermaga LCM Gilimanuk tersebut. Nantinya setelah tiga tahun masyarakat Jembrana sudah bisa menikmati keindahan bunga Flamboyan tersebut.
 
 
 
Dewan asal Banjar Peh, Desa Kaliakah, Negara ini optimis jika tanaman Flamboyan yang ditanam saat ini telah berbunga nantinya akan mengundang daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun manca negara. Sama halnya para wisatawan yang memburu bunga Sakura di Jepang.
 
"Jika jalan tol Denpasar-Gilimanuk belum terwujud saat Flamboyan berbuga, pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan Banyuwangi karena Banyuwangi punya bandar udara sehinga jarak tempuh ke Jembrana bisa lebih dekat," ujarnya.
 
 
 
Pihaknya juga mengimbau warga sekitar agar menjaga dan merawat tanaman Flamboyan tersebut sehingga bisa tumbuh subur dan nantinya bisa menghasilkan rezeki yang banyak bagi masyarakat sekitar dan pemerintah Jembrana.
 
Setelah menanam Flamboyan di kawasan Pura Segara Gilimanuk, pihaknya juga akan menanam Flamboyan di pinggir jalan nasional, mulai dari kawasan Cekik, Gilimanuk hingga kawasan Sumber Sari, Melaya. Untuk rencana ini pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak TNBB.
 
"Biarlah di dalam kota ditanami tanaman Tangi. Itu juga bagus kota Negara menjadi asri dan indah. Tapi di Jembrana bagian barat kita tanami Flamboyan," tutupnya.(BB)