Kawal Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Dewan, BKOW Bali "Gembleng" Caleg Perempuan

  17 Oktober 2018 POLITIK Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali bekerjasama dengan Puspa Forkomwil Bali, menggelar acara Pendidikan dan Pelatihan untuk Calon Anggota Legislatif Perempuan, tanggal 17-23 Oktober 2018. Acara dengan tema "Perempuan Mampu, Bila Mau dan Siap" ini dibuka secara resmi oleh Ketua BKOW Provinsi Bali Dr AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda, SH, MM, MH, di Denpasar, Rabu (17/10/2018). 
 
 
Menurut Gung Tini, sapaan akrabnya, dari total 290 caleg perempuan yang diusung 16 partai politik untuk semua tingkatan di Bali (DPR RI, DPRD Provinsi Bali, dan DPRD Kabupaten/ Kota se-Bali), 61 orang di antaranya mengikuti kegiatan yang dirancang berlangsung selama 7 hari penuh ini. 
 
"Yang mendaftar untuk ikut kegiatan ini sebanyak 61 orang. Jadi sekitar 37 persen dari total caleg perempuan di seluruh Bali," jelas Gung Tini, dalam keterangannya usai pembukaan acara tersebut. 
 
Ketua BKOW Provinsi Bali Dr AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda, saat membuka acara Pendidikan dan Pelatihan untuk Calon Anggota Legislatif Perempuan menegaskan, pihaknya tidak sekedar menggembleng para caleg perempuan ini melalui pendidikan dan pelatihan. Lebih dari itu, BKOW Provinsi Bali juga berkomitmen untuk mengawal perjuangan ke-61 caleg perempuan yang menjadi peserta kegiatan kali ini. 
 
 
"Kami berkomitmen untuk mengawal khusus 61 orang caleg perempuan yang mengikuti kegiatan ini. Kami mengerahkan seluruh kemampuan organisasi yang bernaung di bawah BKOW Provinsi Bali, untuk mendampingi dan memenangkan mereka," tandas Gung Tini, yang juga Ketua Yayasan Perdiknas Denpasar ini. 
 
 
Terkait alur proses kegiatan ini, Gung Tini mengungkapkan pada tahap pertama seluruh peserta akan dibekali dan dilatih secara gratis selama 6 hari, baik mengenai strategi pemenangan, teknik komunikasi massa, personality, hingga soal pencitraan. 
 
Para narasumber terbaik akan dihadirkan untuk membekali para peserta, seperti dari akademisi, KPU, LSM, tokoh politik perempuan, Forum Komunikasi Partisipasi Publik, serta Tiara Kusuma. 
 
Selanjutnya, satu hari khusus para peserta akan diberikan pendidikan legal drafting. Nantinya, para peserta juga diajak berkunjung ke lembaga - lembaga di pusat, seperti Balegnas DPR RI, KPK RI dan MK RI. 
 
 
"Kita juga agendakan untuk roadshow ke organisasi yang bernaung di bawah BKOW Provinsi Bali. Juga akan ada Lomba Orasi Politik di hadapan para pemilih milenial," jelas Gung Tini.(BB).