Kembang Hartawan Hadiri 'Upacara Mediksa' Ida Bagus Ketut Wiarta dan Ida Ayu Putu Triani

  25 September 2018 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Anggara Pon Wuku Klawu yang jatuh pada Selasa (25/9) menjadi hari yang sangat suci dan istimewa bagi pasangan Ida Bagus Ketut Wiarta dan Ida Ayu Putu Triani yang di nobatkan sebagai Sulinggih dengan upacara mediksa.
 
 
Upacara Mediksa tersebut dilaksanakan di Griya Kusara Kemenuh, Banjar Taman, Desa Batuagung dan dihadiri Sulinggih, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana Ketut Sugiasa,  perwakilan Kementrian Agama, PHDI dan sejumlah masyarakat Jembrana.
 
 
Ketua Panitia Upacara Mediksa, Ida Bagus Kerta Negara mengatakan, rentetan upacara dimulai dari nunas pemargi, matur piuning, melaksanakan Diksa Pariksa, Pegat Sembah, Adiksa Widikrama, Pengekeban dilanjutkan dengan Seda Raga. Padiksan pada hari Anggara Pon Wuku Klawu yang diakhiri dengan acara Ngelinggihang Weda dan Metirta Yatra ke Pura – Pura.
 
 
Dengan upacara tersebut maka Ida Bagus Ketut Wiarta nama (biseka) setelah Mediksa menjadi  Ida Pedanda Putra Giri Kusara sedangkan Ida Ayu Putu Triani menjadi Ida Pedanda Istri Patni Kemenuh.
 
 
Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kembang Hartawan menyambut baik atas dilaksanakannya upacara mediksa kali ini. Dengan menjadi walaka diharapkan mampu memberikan kerahayuan dan penerangan kepada masyarakat, mempererat semangat persatuan dan kesatuan, sekaligus memberikan pengetahuan yang benar kepada masyarakat tentang pemahaman agama.
 
 
Selain itu Kembang juga berharap agar bisa mengayomi dan melayani umat terkait dengan agama, dan mendorong umat untuk menuju kesucian diri.(BB)