Gede Ngurah Wididana: Motivasi Mahasiswa untuk Terjun ke Bisnis Pertanian

  14 September 2018 TOKOH Denpasar

GNW for Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk memotivasi mahasiswa lebih banyak terjun ke dunia bisnis pertanian, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNUD menggelar seminar nasional yang bertemakan "Farmpreneurship, solusi menumbuhkan generasi petani dan menyejahterakan keluarga petani". 
 
 
Gede Ngurah Wididana sebagai praktisi bisnis pertanian organik diundang sebagai pembicara tentang keafifan lokal menjadi bisnis pertanian.  
 
Gede Ngurah Wididana memaparkan pengalamannya sebagai pelaku bisnis pertanian organik, bahwa pertanian organik adalah pilihan masyarakat di jaman modern yang mengutamakan pentingnya kualitas produk, yang sehat, aman dikonsumsi, aman bagi lingkungan dan memberikan keuntungan bagi petani dan masyarakat. 
 
Masyarakat sangat membutuhkan makanan yang sehat dan berkualitas, untuk kelangsungan hidupnya secara materi dan spirit, sehat lahir, untung, damai dan bahagia. 
 
 
Bisnis pertanian  adalah bisnis yang menjanjikan dan memberikan keuntungan jika dilakukan dengan serius, memiliki kemampuan manajemen, teknologi, serta kreativitas dan keberanian berinovasi.  
 
Pertanian memiliki peluang yang sangat banyak untuk dijadikan berbagai bisnis atau industri yang berhubungan dengan makanan (food), kesehatan (health), lingkungan (environment), pendidikan (education), pariwisata (tourism). Oleh karena itu, diperlukan suatu pemikiran atau ide ide baru untuk menggali kearifan lokal Bali dalam bidang teknologi, manajemen dan pemanfaatan hasil pertanian untuk untuk menciptakan dan memenuhi kebutuhan manusia modern akan makanan, kesehatan dan kebutuhan lainnya.  
 
Kreativitas, inovasi dan keberanian mahasiswa untuk menggabungkan kearifan lokal menjadi bisnis pertanian adalah kunci keberhasilan farmpreneurship. Demikian intisari dari pemaparan Gede Ngurah Wididana dalam seminar tersebut.
 
 
Seminar Nasional Pengembangan Agribisnis dan Lokakarya dilaksanakan di aula Gedung Pascasarjana UNUD, Denpasar, yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.  
 
Gede Ngurah Wididana memaparkan pengalamannya selama lebih dari 25 tahun bergelut dalam bisnis pertanian, bahwa ketekunan dan visi yang kuat adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang ingin menekuni bisnis, yang diwujudkan dengan kerja keras dan kerja nyata.  
 
Keberhasilan bisnis dalam bidang apapun juga adalah sebuah perjalanan panjang yang di dalamnya ada ilmu pengetahuan dan pengalaman, yang dikumpulkan dengan kesabaran.  Hal inilah yang harus dipahami oleh generasi muda jaman now agar berhasil dalam bisnis, yaitu harus sabar dan kerja keras.(BB)