Pulihkan Siswa Penari Rejang, Bupati Eka Mulai Jumat Buka Posko 'Pengobatan Skala Niskala'

Baliberkarya
Baliberkarya.com-Tabanan. Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menjelaskan jika tarian rejang yang melibatkan 1800 penari di kawasan DTW Tanah Lot Tabanan beberapa waktu lalu itu memang ada gambelan Jawa dan Bali. 
 
 
Pasalnya, kata Bupati Eka, dua pulau tersebut yakni Pulau Jawa dan Pulau Bali adalah poros Nusantara. Menurutnya, kedua pulau itu selalu mengadakan yadnya dan upakara Bali yang merupakan poros secara niskala. 
 
Sedangkan untuk porosnya sekala atau pemerintahannya terdapat di Tanah Jawa. Atas hal itu pulalah, Bupati Eka kemudian mengambil inisiatif, mulai Jumat (24/8/2018) akan membuka posko pengobatan dan pemulihan skala niskala di wantilan kantor Camat Kediri. 
 
 
 
Posko ini nantinya akan melayani para siswa-siswa yang merasa tidak nyaman dan berniat berobat dan diperiksa oleh tim yang merupakan gabungan Yayasan Siwa Murthi Bali, Dinas Kesehatan Pemkab Tabanan dan instansi terkait. 
 
Bupati Eka mengaku telah berkoordinasi dengan para camat serta kepala sekolah untuk membantu memfasilitasi para siswa. 
 
 
"Posko itu akan dibuka mulai pukul 09.00 Wita guna melayani siswa-siswa penari yang merasa tidak nyaman,” tandasnya.(BB).

TAGS :

Komentar