Usai Pelaksanaan Posyandu Paripurna

Mantap! Pemkot Denpasar Kembali Ajak Lansia 'Metirtayatra'

  29 Juli 2018 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

humas Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar kembali mengajak ratusan lansia (lanjut usia) setelah Kecamatan Denpasar Barat dan Denpasar Timur. Kini giliran lansia Kecamatan Denpasar Selatan (Densel) dan Kecamatan Denpasar Utara melukat di Pura Tirta Empul, Tampak Siring, Gianyar, Minggu (29/7). Acara melukat ini serangkaian usai pelaksanakan posyandu paripurna yang dicanangkan rutin tiap tahun oleh Pemkot Denpasar melalui PKK Kota Denpasar.
 
 
Kegiatan metirtayatra hari kedua ini dipimpin Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Antari Jaya Negara yang didampingi Ny. Kerti Rai Iswara dan Kepala Dinas Pemberdayaa Masyarakat dan Desa IB Alit Wiradana. 
 
 
Ditemui disela-sela pelaksanaan tirtayatra Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Antari Jaya Negara yang didampingi mengatakan kegiatan metirta yatra merupakan rangkaian dari pelaksanaan posyandu paripurna. Tidak hanya memperhatikan kesehatan secara fisik pihaknya juga memperhatikan kesehatan lansia secara rohani melalui metirtayatra ini. 
 
"Kita tidak hanya memperhatikan kesehatan masyarakat khususnya lansia hanya pada fisik namun juga memperhatikan kesehatan secara rohani dengan melakukan tirta yatra," ujarnya. 
 
 
 
Melalui metirtayatra ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan spirtual khususnya para lansia. Lebih lanjut Ny. Antari menambahkan meski dalam usia lanjut diharapkan para lansia dapat berperan dalam mengisi pembangunan di Kota Denpasar. Minimal terus menjaga kesehatan masing-masing dengan aktif mengikuti setiap kegiatan posyandu meski pelaksanaan posyandu paripurna telah ditutup.
 
Lebih lanjut Ny. Antari menambahkan untuk pelaksanaan metirtayatra pihaknya mengaku telah mengajak ribuan lansia dari empat kecamatan yang terbagi menjadi dua sesuai dengan kecamatannya masing-masing dalam dua hari.
 
 
Sedangkan untuk memperhatikan kesehatan masyarakat secara fisik khususnya para lansia pihaknya telah melaksanakan posyandu paripurna ke banjar-banjar. Dimana posyandu paripurna merupakan pelayanan kesehatan dasar yang menyasar ibu hamil, balita, ibu menyusui termasuk juga para lansia.
 
 
Ni Wayan Siki seorang lansia mengatakan mengatakan program yang dilaksanakan PKK Kota Denpasar sangat baik sekali.  Ini menandakan Pemkot Denpasar memperhatikan tingkat kesejahteraan masyarakat termasuk para lansia. 
 
"Kegiatan yang dilakukan Pemkot Denpasar melalui PKK Kota Denpasar sangat bagus sekali, sebagai bentuk perhatian pada para sesepuh lansia ini," ujarnya.
 
Ia berharap kegiatan semacam ini jangan sampai berhenti karena ini sangat dirasakan masyarakat khususnya lansia. Dengan adanya kegiatan posyandu dan metirtayatra Ni Wayan Siki mengaku dapat berkumpul sesama lansia sehingga tidak merasa jenuh di masa-masa tuanya.(BB)