Bupati Artha Buka Job Fair Jembrana 2018, 2500 'Loker' Tersedia

  26 Juli 2018 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Job Fair Jembrana 2018 yang diadakan di lantai 2 Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, tadi pagi dibuka oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, ditandai dengan pemukulan gong.
 
 
Job Fair Jembrana rencananya berlangsung selama 2 hari dan akan ditutup Jumat (27/7) besok. Menyediakan 2500 lowongan pekerjaan berbagai bidang, dari 29 perusahaan dalam dan luar Jembrana. Hadir pula saat pembukaan, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan, Kepala-Kepala OPD Jembrana, pengusaha penyedia lapangan kerja salah satunya Circle K, Kepala-Kepala sekolah dan ratusan pelamar pekerjaan.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Jembrana, Ni Nengah Wartini mengungkapkan, ada empat tujuan diadakannya Job Fair yang rutin diadakan tiap tahun ini.
 
 
Keempat hal itu antara lain, memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya, membantu penyedia kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya, mengetahui trend kualitas pencari kerja dan jenis lowongan yang tersedia, mengurangi angka pengangguran.
 
 
Sementara itu Bupati Jembrana I Putu Artha dalam kesempatan tersebut berpesan, agar acara Job Fair ini tidak hanya mengundang Kepala OPD dan pengusaha lapangan kerja namun harus mengundang juga sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Jembrana.
 
Menurut Artha, Kepala-Kepala Desa di Jembrana juga harus dihadirkan dalam acara Job Fair Jembrana 2018 mengingat para kepala desa merupakan ujung tombak di masyarakat, sehingga harus dilibatkan agar ikut mensosialisasikan kegiatan tersebut.
 
Artha juga berharap agar lowongan yang disediakan tidak hanya dari perusahaan-perusahaan leasing atau sales saja namun bisa dari berbagai sektor. Kepada OPD terkait agar mengundang perusahaan lebih banyak agar variasi lowongan juga lebih lengkap.
 
 
“Selain itu saya berharap kepada masyarakat agar menggunakan ajang Job Fair ini sebaik baiknya untuk mencari pengalaman jika nantinya akan membuka suatu usaha,” terangnya, Kamis (26/7/2018).
 
Pada Job Fair kali ini, Pemkab Jembrana membuka stand khusus untuk lowongan perawat di Osaka Jepang. Hal tersebut berawal dari kunjungan Osaka Care Operators Cooperative ke Jembrana yang diterima oleh Wabup Kembang Hartawan yang menawarkan Program Care Giver.
 
 
Program care giver adalah pemenuhan kebutuhan tenaga perawat dan bidan dalam kegiatan pelayanan kesehatan dan perawatan bagi para lansia di Jepang.Tawaran kemudian dilanjutkan penandatanganan kesepakatan program pengiriman tenaga kerja di bidang keperawatan 100 orang per-tahun di Osaka Jepang oleh Bupati Jembrana.
 
Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan menyampaikan hal yang berbeda pada Job Fair Kali ini. Setiap pencari kerja dibagikan buku saku berjudul Kiat Sukses Meraih Kerja yang berisikan tips menulis lamaran dan CV, Cara mengirim email yang baik dan efektif, cara menghadapi interview.
 
 
“Jika menulis lamaran dan CV saja salah, bagaimana bisa diterima? Siapapun peserta Job Fair harus membaca buku ini, harapan saya dimanapun nantinya mencari kerja akan berguna. Orang akan lebih yakin. Dengan membuat lamaran yang baik tandanya kita menghagai diri sendiri dan juga menghargai perusahaan yang dia tuju,” terangnya.
 
Sementara itu, hingga pukul 15.00 Wita sore tadi, tercatat jumlah pencari kerja sebanyak 441 dengan rincian, SMA/SMK 309 orang, Diploma I 11 orang, Diploma III 9 orang, S1 69 orang, sisanya 43 orang tidak mengisi tingkat pendidikan dengan lengkap.(BB)