PGRI Kota Denpasar Ikuti Sosialisasi Empat Pilar Bangsa

humas denpasar
Baliberkarya.com-Denpasar. Empat pilar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan merupakan perakat masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. 
 
 
Terlebih lagi dalam era reformasi seperti sekarang ini empat pilar ini merupakan kekuatan untuk dipergunakan landasan dalam hidup berbangsa dan bernegara. 
Melihat hal tersebut, Pemkot Denpasar melalui Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara mengajak guru-guru untuk dapat mengetok tularkan empat pilar kebangsaan pada anak didik dan masyarakat. 
 
Hal tersebut disampaikan saat memberikan arahan sosialisasi empat pilar kembangsaan mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra Senin (23/7) di Gedung Graha Sewaka. 
 
Empat pilar yang disosialisasikan oleh anggota MPR RI dan DPD RI diikuti oleh guru-guru PAUD, seluruh anggota PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Denpasar.
 
Lebih lanjut Rai Iswara menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Denpasar sangat mendukung sosialisasi ini karena merupakan salah satu cara untuk memperkuat karakter diri termasuk anak didik. Dalam memperkuat jati diri tersebut diperlukan suatu proses yang berlangsung seumur hidup. 
 
Dalam proses tersebut terkandung inovasi dan kreativitas yang senergi dengan peran serata semua elemen. Rai Iswara menambahkan dalam memperkuat jati diri juga dilakukan melalui pengembangan karaker individu seseorang pendidikan melalui sekolah-sekolah. 
 
 
 
Dalam kesempatan tersebut Rai Iswara mengaharapkan para peserta terutama para guru usai mengikuti sosialisasi ini dapat menularkannya minimal pada lingkungan sekolah. Terlebih lagi bisa dikembangkan ke lingkungan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
 
Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Ketua PGRI Kota Denpasar Wayan Winarta mengatakan  dilaksanakannya sosialisasi ini karena masih ada para guru belum paham betul tentang empat pilar tersebut.  
 
Tentunya melalui peningkatan pamahaman ini dapat meningkatkan toleransi antar dan inter sekolah serta antar dan inter siswa. Ini untuk meningkatkan rasa persatuan kesatuan yang telah terpupuk dengan baik salah satunya dengan terbentuknya Forum Osis Kota Denpasar.
 
Ketua rombongan MPR RI H.Zainul Tauhid Sa’adi yang mensosialisasikan empat pilar kebangsaan mengatakan kegiatan ini sangat penting merupakan amanat UU MD3. 
Disamping juga ketika terjadi eforia reformasi, Pancasila tidak menjadi ingatan masyarakat Indonesia. Seolah-olah Pancasila dilupakan sehingga lupa pada jati diri bangsa Indonesia. Ini berdampak prilaku masyarakat Indonesia keluar dari jatidiri bangsa yaitu Pancasila.
 
Melalui sosialisasi ini mengajak kembali seluruh masyarakat Indonsia mengingat dan memahami pentingnya falsafah bangsa dan harus dilaksanakan seluruh rakyat Indonesia. 
 
 
Sehingga Pancasila bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia. Mengingat nilai-nilai pancasila telah digali dari kearifan masyarakat Indonesia itu sendiri. (BB)

TAGS :

Komentar