NasDem Bali Daftar Bacaleg ke KPU, Gus Oka Bonceng "Presiden Jokowi"

baliberkarya
Baliberkarya.com-Denpasar. Partai NasDem secara serentak seluruh Indonesia akan mendaftarkan nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di semua tingkatan baik DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI pada Senin, 16 Juli 2018 ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat. Masing-masing daerah mengusung tema dan keunikan tersendiri, termasuk Partai NasDem Bali. 
 
 
Mengusung tema "Dari Rakyat Kembali ke Rakyat" dalam pendaftaran bacaleg ini, NasDem Bali menekankan perhelatan pemilihan para wakil rakyat dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 sebagai ajang untuk transformasi demokrasi dan perubahan mindset para wakil rakyat di legislatif. Pasalnya, selama ini para politisi yang terpilih duduk di kursi anggota Dewan kerap lupa dengan jati dirinya bahwa ia lahir dari rakyat dan dipilih oleh rakyat.
 
Ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan melalui spirit "dari Rakyat Kembali ke Rakyat" diharapkan para caleg NasDem jangan sampai lupa diri setelah terpilih nantinya di legislatif. Namun harus kembali pada spirit pengabdian ke rakyat. 
 
"Tema ini kami persembahkan untuk memberi ilustrasi transformasi kehidupan demokrasi. Harapannya para caleg agar tidak takabur dan tidak semata borientasi pada kekuasaan," kata politisi yang akrab disapa Gus Oka itu dalam konferensi pers dengan awak media, Minggu (15/7/2018) di Kantor DPW Partai NasDem Bali, Jalan Tukad Batanghari, Denpasar.
 
 
Pendaftaran Bacaleg DPRD Bali dari Partai NasDem ke KPU Bali kali ini dirangkai dalam prosesi unik dan menarik. Dipimpin Gus Oka, ratusan caleg NasDem akan berangkat dari Kantor DPW NasDem Bali Jalan Tukad Batanghari, Denpasar. Rombongan bergerak ke arah utara menuju Jalan Cok Agung Tresna, lalu memutar ke barat menuju gedung BI Denpasar lalu ke arah timur ke Kantor KPU Bali.
 
Uniknya, ada iring-iringan mobil yang membawa replika "Pesawat NasDem for Jokowi 2019". Rombongan semakin meriah dengan adanya mobil panggung kesenian yang menampilkan figur seniman dan  pelawak terkenal Bali "Dollar" dan Petruk. 
 
 
Di belakangnya, Gus Oka akan naik dan mengayuh sepeda ontel sambil membonceng " Presiden Jokowi" persis seperti potret Jokowi mengayuh sepeda ontel yang ada di areal Bandara Ngurah Rai.
 
Lalu suasana akan semakin meriah dan menarik dan identik dengan Jokowi karena para caleg dan kader NasDem dalam rombongan ini akan mengenakan topeng wajah Jokowi dibalut dengan pakaian adat madya dengan kaos bertuliskan bagian depan " Jokowi adalah Kita" dan di bagian belakang "Semesta Menyaksikan". Iring-iringan juga akan dimeriahkan tabuh baleganjur dan dikawal juga mobil ambulan.
 
 
Menurut Gus Oka, penggunaan atribut yang identik dengan Presiden Jokowi ini juga merupakan bagian sub tema "Jokowi adalah Kita". Hal ini juga sebagai upaya mempertegas dukungan NasDem secara nasional yang mendukung dan mengusung Jokowi sebagai  Presiden RI 2019 untuk periode kedua.
 
"Caleg NasDem adalah bagian dari Jokowi secara lebih luas. Jokowi menyatu dalam diri kita dan kami visualisasikan dalam iring-iringan pendaftaran bacaleg ke KPU Bali ini," kata Gus Oka didampingi Bendahara DPW Partai NasDem Bali IGN Bagus Eka Subagiartha.
 
 
Proses pendaftaran bacaleg menggunakan topeng Jokowi ini selain ke KPU Bali juga dilakukan serentak oleh pengurus dan caleg NasDem se-Bali ke KPU Kabupaten/Kota se-Bali . "Seluruh Bali kita buat sampai 700 topeng. Ini juga bentuk totalitas tanpa batas dukungan pada Jokowi," tandas Gus Oka seraya menambahkan pendaftaran serentak ini dilakukan mulai pukul 13.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.(BB).

TAGS :

Komentar