Rakornas BKN 2018, Profesionalisme ASN Denpasar harus Ditingkatkan

  11 Juli 2018 OPINI Nasional

humas denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu elemen penting lantaran sebagai  human capital dalam menyongsong kemajuan negara, karenanya, memastikan ASN yang profesional dan berorientasi pada profesionalisme dan produktifitas kinerja sangatlah penting. 
 
 
Hal ini sebagai upaya mewujudkan reformasi birokrasi di segala lini sehingga asas transparansi dan akuntabel bagi pelaksanaan pemerintahan dapat tercipta. Hal tersebut terungkap saat arahan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Asman Abnur saat membuka rakornas Kepegawaian di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tanggerang, Rabu (11/7). 
 
Rakornas yang diikuti seluruh Sekda se-Indonesia ini turut dihadiri Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Ketut Mister.
 
Lebih lanjut Asman Abnur  menambahkan kedepannya juga badan kepegawaian harus mampu merencanakan pegawai yang betul-betul sejalan dengan potensi daerah dan lembaga. Sehingga dalam perekrutan pegawai kedepannya tidak lagi ada intervensi dari siapapun. Sehingga menghasilkan pegawai yang profesional dan mampu mengahapi tantangan kedepan. “Semua anak bangsa dapat kesempatan yang sama untuk menjadi PNS selama mempunyai kemampuan kompentensi,” ujarnya.
 
 
Terlebih lagi, dalam perekrutan sudah mempergunakan sisten Computer Asist Test (CAT) diharapkan dapat menghasilkan PNS yang perofesional. Untuk ASN yang ada sekarang, kata Asman Abnur harus siap menghadapi kemajuan jaman. Era sekarang ASN dituntut meningkatkan kemampuan dan pemahaman teknologi dan penguasaan bahasa asing.  
 
“Tantangan global menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan ASN seperti bahasa asing yang wajib dimiliki, karenananya, ASN harus meninggalkan cara-cara lama yang hanya sebagai administrator. Serta jangan hanya mengejar absensi melainkan harus memiliki kinerja yang profesional.” ungkapnya.
 
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)  Bima Haria Wibisana menyampaikan dalam memperkuat konsolidasi serta pembinaan manajemen kepegawaian dengan seluruh pejabat pembina kepegawaian, tentunya harus dibangun komitmen bersama dalam melaksanakan manajemen kepegawaian melalui human capital management dalam era 4.0 menuju world class ASN yang profesional, bermartabat dan berdaya saing global. Untuk itu Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mempu tampil provesional dan selalu kreatif untuk mewujudkan wold class ASN.
 
Sementara Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara menyambut baik arahan dari Menteri PAN dan RB untuk terus meningkatkan profesionalisme pegawai. Sehingga pegawai kedepannya tidak hanya mengejar absensi, melainkan bagaimana meningkatkan profesionalisme dan produktifitas kinerja. Sehingga pelayanan maksimal bagi masyarakat dapat tercipta di segala lini. 
 
 
“Kami harapkan BKPSDM dan seluruh ASN di Kota Denpasar terus melakukan inovasi dalam menata pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar sehingga reformasi birokrasi dan pelayanan maksimal dengan motto sewaka dharma dapat diimplementasikan dengan baik,” ujarnya. (BB)