Astaga! Di TPS 'Piala Dunia' Banyak Golput, Pasangan Koster-Ace 'Keok'

baliberkarya
Baliberkarya.com-Jembrana. Suasana berbeda terjadi di TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana yang berlokasi di Balai Tempek Sila Krama Kauh, Banjar Adat Taman Amertha.
 
 
Pasalnya TPS tersebut dihias dan ditata dengan tema demam sepak bola Piala Dunia 2018 di Rusia. Di TPS tersebut sangat nampak pernak pernik Piala Dunia. Mulai dari penunjuk arah menuju lokasi TPS diujung Gang IV Jalan Soka yang menggunakan gambar pemain kesebelasan Portugal nomor 7, Cristiano Ronaldo.
 
Di lokasi TPS selain dipasang sejumlah media informasi dari KPU, juga diwarnai atribut bola dan piala dunia, petugas KPPS yang sejak H-1 pemungutan suara telah mengenakan kostum team kesebelasan negara favoritnya juga membuat miniatur lapangan bola di halaman TPS.
 
Harapannya, dengan ditata disesuaikan dengan tema piala dunia, pemilih akan antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya. Sayangnya, usaha kreatif para petugas KPPS dengan merogoh kocek pribadi tersebut sia-sia, puluhan pemilih tetap enggan datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.
 
 
 
Terbukti, dari 273 pemilih yang terdaftar memberikan hak suara di TPS tersebut, hanya  hanya 204 yang datang memberikan hak suaranya. Sisanya golput, padahal ide kreatif TPS nuansa Piala Dunia itu untuk memikat para pemilih datang.
 
Kedatangan para pemilihpun tidak berbarengan. Dari waktu dibuka mulai pukul 07.00 Wita hingga ditutup pukul 13.00 Wita, pemilih datang satu persatu dengan jarak waktu yang cukup lama, sehingga TPS tersebut terkesan sepi.
 
Setelah dilakukan penghitungan suara di TPS tersebut, pasangan calon Koster-Ace mendapatkan 99 suara, sedangkan pasangan Mantra-Kerta mendapatkan 105 suara. Namun pelaksanaan pemungutan suara di TPS Piala Dunia tersebut berlangsung aman dengan penuh kekeluargaan.
 
 
Sebelumnya Ketua KPPS 7 Baler Bale Agung I Putu Robi Adi Astika mengatakan, ide menggunakan tema dan pernak pernik piala dunia di TPS itu disepakati karena 7 orang anggota KPPS 7 dan warga sekitar merupakan pecinta bola.
 
“Pas kumpul disepakati dan kami juga pakai jersey team negara kebanggan masing-masing. Kebetulan momen Piala Dunia bersamaan dengan Pilgub, biar pemilihan ini tidak terkesan tegang, kami rancang agar santai dan bisa menghibur pemilih,” terangnya.(BB)

TAGS :

Komentar