Ingat! Jangan Sekedar Nyoblos, Penting 'Kawal Suara di TPS' Agar Tak Dicurangi

  26 Juni 2018 OPINI Denpasar

ilustrasi nett

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Jelang Pilgub Bali 27 Juni 2018, DPW Partai NasDem Provinsi Bali membuat gebrakan dengan meluncurkan gerakan Saksi Semesta. Gerakan ini menggabungkan partisipasi masyarakat dan kekuatan teknologi serta media sosial, pada saat pencoblosan hingga penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). 
 
 
Melalui gerakan ini, selain mencegah kecurangan, namun masyarakat juga diharapkan tidak sekedar menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos, tetapi juga mengawal suaranya dengan menjadi bagian dari 'Saksi Semesta'. 
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat Bali, untuk terlibat langsung dalam pencoblosan Pilgub Bali 2018 di masing-masing TPS. Jadi, pemilih tidak sekadar mencoblos, tapi juga mengawal suara di TPS," pinta Gunastawa di Denpasar, Selasa (26/6/2018). 
 
 
Politisi ramah yang akrab disapa Gus Oka itu berkeyakinan, apabila semua masyarakat terlibat dalam gerakan 'Saksi Semesta' ini, maka sejumlah potensi kecurangan dapat ditekan. 
 
 
"Mungkin untuk saat ini, gerakan ini belum terlalu memberikan dampak yang signifikan. Tetapi kami tetap berkeyakinan, apabila semua orang memiliki niat yang baik serta menjunjung tinggi kejujuran, maka gerakan Saksi Semesta ini seharusnya disambut dengan antusias," tegas Gus Oka. 
 
 
Melalui gerakan Saksi Semesta, kata Gus Oka, masyarakat bisa mendokumentasikan semua peristiwa yang terjadi di TPS, terutama di luar bilik suara. 
 
"Masyarakat yang memiliki smart phone, bisa menjadi bagian dari Saksi Semesta. Tugasnya sederhana. Pantau dan rekam seluruh kejadian di TPS, terutama di luar bilik suara. Lalu, upload dan share seluas-luasnya melalui media sosial masing-masing dengan tagar #TPSLIVE dan #MEDSOSutk_kebenaran. Jika perlu siaran langsung dari TPS," jelas Gus Oka.(BB).