Program GGS Bangli, Mantap! Warga Pasek Kayu Selem Terima Bantuan Seperangkat Gender dan Genta

  23 Mei 2018 PERISTIWA Bangli

Humas Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Sebagai wujud perhatian Pemerintah terhadap pelestarian Seni dan Budaya, yang sekaligus sebagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan lelengkapan upacara di pura dadya Pasek Kayu selem, Selasa (23/5) digelar acara penyerahan secara simbolis seperangkat gender dan genta untuk kelengkapan dalam pelaksanaan upacara di Pura Dadya Pasek Kayu selem, Banjar Beluhu Desa Suter, Kec. Kintamani. 
 
 
Acara yang di laksanakan di bale pesanekan jeroan Pura Pasek Kayu Selem di hadiri oleh Wakil Bupati Bangli, Perbekel Desa Suter, Kelih pura warga Pasek Kayu selem, Tokoh Masyarakat dan Krama Dadya Pasek Kayu selem.
 
Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta,SE pada kesempatan itu menyampaikan bantuan seperangkat Gender dan Genta adalah bantuan dari Gerbang Gita Shanti (GGS) Bupati Bangli Tahun 2017, dimana sudah terselesaikan secara administrasi dan saat ini diserahkan secara simbolis. 
 
 
Diharapkan dengan bantuan ini para warga Dadya Pasek Kayu Selem dapat melaksanakan upacara dan kegiatan keagamaan dan adat dengan lebih baik. Pada kesempatan baik itu sedana arta juga mengharapkan kepada warga masyarakat juga agar dapat selalu bersatu padu untuk selalu menjaga hubungan antara masyarakat di lingkungan setempat sehingga persoalan-persoalan bukan hanya di lingkungan Dadya ini saja bahkan pada seku yang lebih luas yang menjadi kendala dapat di komunikasikan dengan lebih baik terlebih dalam menjeleng pilkada. 
 
 
Jangan sampai karna pilihan yang berbeda menjadikan hubungan antara warga mayarakat menjadi tidak baik apalagi sampai bermusuhan. Oleh karena itu baik para tokoh, kelih dan warga harus bisa menjaga hubungan dan meningkatkan silaturahmi antar warga dengan konsep nyama braya. 
 
 
“Bantuan GGS dari Bupati Bangli agar bisa di manfaatkan dengan baik sebagai pendukung upacara di Pura dan pelestarian seni budaya kita di Bali” katanya.
 
Sementara itu Kelihan warga Pasek Kayu selem Wayan Kondra menyampaikan terimakasih atas bantuan yang di berikan melalui program GGS tahun 2017. Sedikit dikatakan bahwa selama ini warga Pasek kayu selem mengalami kendala dalam pelaksanaan upacara di pura, melalui salah satu tokoh masyarakat dan paruman dadya akhirnya dibuatlah sebuah usulan untuk diajukan ke pemerintah Kabupaten agar dapat dibantu berupa seperangkat Gender dan Genta untuk kelengkapan upacara di pura. 
 
 
Akhirnya dapat disalurkan bantuan tersebut dengan administrasi pada tahun 2017, hari ini kami terima secara simbolis bantuan GGS dari Bupati Bangli yang secara simbolis diserahkan Oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. 
 
“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang kami terima, semoga dengan peralatan itu kegiatan keagamaan dan adat seni budaya di Dadya warga Kayu Selem dapat kami jalankan dan lestarikan Bangli dan Bali pada umumnya,” katanya.(BB)