Seniman Yatim Piatu Jadi Perhatian Mantra-Kerta

Konser 'Salam 2 Jari' Dibuka Tari Bunga Sandat dan Seni Kokokan

  19 Mei 2018 POLITIK Tabanan

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Tarian Bunga Sandat dan Seni Kokokan jadi sajian pembuka Konser salam 2 jari di lapangan Wagimin, Tabanan pada Sabtu sore (19/5/2018). 
 
 
Tarian Bunga Sandat Serasih yang merupakan tarian maskot Tabanan dan dibawakan oleh Sanggar Raja Buduh binaan Panca Wardani Lodra. Sedangkan kokokan dibawakan oleh kelompok seni asal Banjar Belong, Desa Baturuti, Tabanan. 
 
Mengenakan kostum khusus, 9 penari terlihat gemulai mengikuti irama musik. Penampilan mereka memukau warga yang perlahan-lahan berbondong-bondong memadati lapangan untuk menyaksikan konser. 
 
 
Panca Wardani Lodra mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk tampil di konser ini. "Anak-anak sudah sering tampil di berbagai event sehingga tidak ada persiapan khusus," kata Panca. 
 
 
Kehadiran mereka di pentas konser salam 2 jari sebagai bentuk ekspresi seni tanpa terjebak kepentingan politik. Dia menambahkan, di sanggar binaannya, anggota sanggar secara mandiri mengumpulkan uang untuk biaya latihan. 
 
Selain itu, beberapa di antaranya adalah anak yatim piatu. Melalui sanggar ini mereka dapat menyalurkan bakatnya di bidang seni. 
 
"Ada beberapa di antaranya adalah yatim piatu. Perjuangannya modal semanga dan percaya diri," ungkap Panca.
 
 
 
Menurutnya, seniman memiliki taksu dan tidak ingin dikotak-kotakan karena perbedaan politik. Saat ditanya harapannya bila Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra atau Rai Mantra terpilih sebagai gubernur Bali agar memperhatikan seniman terutama yang yatim piatu.
 
"Harapan kami agar pak Rai bisa memperhatikan nasib seniman khususnya anak-anak yatim piatu," kata Panca.(BB).