Miris! 3 Kali Koster DPR, Akses Vital Jalan Desa di Buleleng 'Tak Tersentuh Aspal'

  13 Mei 2018 OPINI Buleleng

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Buleleng. Sungguh miris, Buleleng ternyata masih menyimpan banyak pekerjaan rumah. Parahnya, meski dua periode (2008-2018) dinahkodai Gubernur Bali asli Den Bukit, namun kebutuhan mendasar masyarakat setempat belum terpenuhi dengan layak. 
 
 
Salah satunya terlihat di Banjar Dinas Bada, Desa Mayong, Kecamatan Seririt, Buleleng. Memiliki wakil rakyat sekaliber Wayan Koster yang tiga periode (14 tahun) duduk manis di kursi empuk DPR RI dan kini mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Bali juga tak lantas membuat jalan utama di desa tersebut tersentuh aspal.
 
"Jalan ini penting. Untuk pertemuan antar desa. Ini jalan utama. Kalau jalan ini tidak diperbaiki tentu masyarakat kesulitan," ucap Kelian Dinas Bada, Ni Made Dewi Setiawati, 23. 
 
 
Mengingat pentingnya akases jalan tersebut, jalan penghubung antara Banjar Dinas Bada dengan Banjar Dinas Santal Desa Mayong dan Kecamatan Banjar itu jelasnya akhirnya diperbaiki secara swadaya. 
 
 
"Ada donatur juga. Kalau musim duren banyak mobil ke sini. Jalan ini memang rusak dan membutuhkan bantuan," tandas kelian dinas yang bertugas sejak berusia 20 tahun itu. 
 
 
Menurutnya, Banjar Dinas Santal, Poh Asem, Taman, Mayong, Siwa yang seluruhnya berada di wilayah Desa Mayong juga menghadapi kendala serupa.
 
Kepala Seksi Pelayanan Desa Mayong, I Nyoman Ariadipa, 48, mengatakan dana desa sejatinya sudah dialokasikan. Namun, lantaran panjang jalan yang mencapai 2,5 km perbaikan jalan (non aspal) belum maksimal dilaksanakan. 
 
"Harapan masyarakat agar jalan ini diakui oleh kabupeten. Kalau desa, belum mampu," pintanya.(BB).