PWI Gandeng Pertamina Bekali Wartawan Ilmu Fotografi dan Jurnalisme Online

  29 April 2018 TOKOH Klungkung

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. PT. Pertamina (Persero) yang digandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menyelenggarakan kembali Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online bagi wartawan di Bali. Rangkaian pelatihan ini merupakan kelanjutan dari sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI Pusat serta MoU antara PT Pertamina (Persero) dan PWI yang ditandatangani pada Hari Pers Nasional (HPN) 2018, tanggal 8 Februari 2018 di Padang, Sumatera Barat sebagai upaya dari peran sinergi BUMN meningkatkan kompetensi bagi wartawan Indonesia.
 
 
Setelah pelatihan serupa sukses pada penyenggaraan pertama yang dilakukan di Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Wringin Putih, Magelang. Kali ini Pelatihan kedua diadakan, Sabtu (28/4/2018) di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina di Banjar Sangging, Desa Kemasan Kabupaten Klungkung-Bali. 
 
Pelatihan ini dimulai pukul 08.30 – 16.00 WITA, dengan mendatangkan dua narasumber atau pembicara pelatihan, yakni Mosista Pambudi, Fotografer senior dari Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) sebagai pembicara pertama yang memberikan serangkaian materi teori dan praktek Foto Jurnalistik. 
 
Sebagai pembicara kedua, Pepih Nugraha yang merupakan salah satu Pendiri Kompasiana.com dan Founder PepNews.com memberikan materi tentang Jurnalisme Online. Selain itu, juga menjelaskan terkait nilai dan mamfaat berita, khususnya media online. 
 
“Karena dari 265,4 juta penduduk dunia sekitar 132,7 juta aktif di internet dengan 130 juta aktif di media sosial. Dari data itu sekitar 177,9 juta dengan mobile atau menggunakan handhone atau gadget dengan 120 juta bersosial sosial secara mobile,” bebernya.
 
 
Para peserta pelatihan terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan untuk.membekali ilmu fotografi dan jurnalisme online bagi wartawan ini. Pada kesempatan itu, Ketua PWI Bali Dwikora Putra mewakili PWI Pusat mengakui pelatihan ini sangat penting dan menjadi program kegiatan PWI untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan wartawan, seperti Safari Jurnalistik dan Sekolah Jurnalisme. 
 
“Termasuk sekarang wartawan sangat antusias mengikuti Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online bagi wartawan ini. Ini menjadi penting, karena kita hanya meraba-raba mengelola jurnalisme online yang selama ini ditekuni. Banyak yang masih buta dan suatu hal yang baru, sehingga diharapkan bisa bermamfaat bagi wartawan,” ungkapnya.
 
 
Setelah pelatihan di Bali, rencana pelatihan ketiga akan diadakan pada tanggal 12 Mei 2018 bertempat di Riau. Melalui pelatihan vokasi kewirausahaan bagi wartawan ini, juga diharapkan akan menambah pengetahuan bagi wartawan, termasuk juga datangkan pakar fotografi. 
 
“Selain itu, kita juga mengucapkan terimakasih kepada Pertamina yang mendukung penuh kegiatan Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme online,” tambah Dwikora didampingi Sekretaris PWI Bali Emanuel Dewata Oja. (BB)