Ada Programnya! Mantra-Kerta Siap ‘Obati’ Sejumlah LPD ‘Sakit’ di Badung

  25 Maret 2018 OPINI Badung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Calon Gubernur Bali nomor urut dua Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) menggelar kampanye dialogis di Amphiteater Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kuta, Minggu (25/3/2018). Ribuan simpatisan hadir dalam kesempatan ini.
 
 
Salah satu aspirasi dari warga Kuta Selatan adalah mengenai kondisi sejumlah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Badung yang “sakit” atau gulung tikar akibat pengelolaan yang kurang profesional. "Apa langkah kongkret Mantra-Kerta untuk menyelesaikan masalah LPD di Badung?” kata tokoh Kuta Selatan I Wayan Diesel.
 
 
Menanggapi hal ini, Rai Mantra mengatakan tidak seharusnya ada LPD yang sampai kolaps. Menurutnya LPD asalah lembaga yang lekat dengan masyarakat Bali. Sebab LPD dibangun selain untuk menggerakkan roda ekonomi, sekaligus sebagai benteng menjaga kebudayaan Bali. Dimana kebudayaan merupakan identitas sekaligus daya tarik Bali.
 
"Harus bangun lagi, cari pengurus yang berintegritas tinggi. LPD tujuannya melayani umat," kata Rai Mantra. Menurut Rai Mantra walau LPD adalah organisasi tradisional, harus dikelola secara profesional. Langkah yang ditawarkan Mantra-Kerta adalah pengurus dan pengawas akan diberi pelatihan manajemen yang profesional.
 
 
Ke depannya, menurut Rai Mantra, LPD harus dikelola oleh sumber saya manusia yang memiliki kompetensi dan sertifikat khusus. Sertifikat ini nantinya bisa dikeluarkan oleh lembaga pemerintah seperti koperasi atau dengan menggandeng lembaga-lembaga yang akuntabel. Tidak hanya pengelola tapi pengawas juga perlu mendapat pelatihan kompetensi dan mengatongi sertifikat.
 
Sehingga tata kelola LPD lebih profesional dan bertanggung jawab. "Paling tidak pengawas dan pengelola dapatkan pendidikan bagaimana cara mengelola LPD secara profesional," kata Rai Mantra.
 
 
LPD memang didirikan oleh Prof. Ida Bagus Mantra yang tidak lain adalah ayah dari Rai Mantra. Namun, menjaga LPD adalah tugas dari seluruh warga Bali. Sebab LPD lekat dengan identitas warga Bali.
 
 
LPD memiliki fungsi untuk melestarikan budaya secara berkelanjutan. Jadi tanggung jawab kita bersama menjaga integritas dan penguatan LPD karena menyangkut identitias budaya Bali," kata Rai Mantra.(BB)