Arah Kadeeee! Ini Obyek Wisata Apa Tempat Gembalakan Ternak

baliberkarya
Baliberkarya.com-Jembrana. Karang Sewu adalah obyek wisata favorit yang dimiliki Kabupaten Jembrana. Panorama alam dengan hamparan pantai yang tenang serta ditumbuhi tanaman mangrove, memang sangat indah untuk dinikmati, terutama saat senja hari.
 
 
Namun belakangan keindahan obyek wisata Karang Sewu yang terletak di Teluk Gilimanuk, kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), ternoda dengan kehadiran puluhan ternak sapi milik warga sekitar.
 
Puluhan sapi-sapi tanpa diikat tersebut sejak seminggu belakangan ini berkeliaran mencari makan di kawasan obyek wisata tersebut. Sapi-sapi tersebut bukan saja memakan rumput-rumput yang indah, juga meninggalkan kotoran (tai) di lokasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal.
 
 
 
Kondisi tersebut tentu saja merusak pemandangan dan menyebabkan kumuh di lokasi obyek wisata tersebut. Bahkan kehadiran sapi-sapi dilepas liarkan milik warga sekitar tersebut sangat menganggu para wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.
 
Terkait hal tersebut, Kasubag Tata Usaha (TU) TNBB, Wiryawan dikonfirmasi Rabu (21/3) mengakui jika kawasan wisata tersebut belakangan jadi tempat gembala sapi.
 
 
Menurutnya, sapi-sapi tersebut adalah ternak warga sekitar yang sengaja dilepasliarkan karena pemiliknya tidak memiliki kandang dan prilaku bertenak secara liar tersebut sudah menjadi kebiasaan.
 
“Untuk menghilangkan kebiasaan jelek ini, kami akan gencarkan melakukan penyuluhan terhadap warga yang memiliki ternak. Sehingga mereka memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tutupnya.(BB)

TAGS :

Komentar