Pemkab Jembrana Butuh Rp 64 Miliar untuk Cover BPJS

  06 Maret 2018 KESEHATAN Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Pemkab Jembrana saat ini memerlukan dana sebesar Rp 64 miliar untuk membayar penerima bantuan iuran daerah (PBI) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
Pasalnya, jumlah masyarakat Jembrana yang belum ter-cover jaminan kesehatan nasional (JKN) tersebut hingga tahun ini mencapai 60 persen. Padahal pada tahun 2019 mendatang, seluruh masyarakat terlindungi JKN.
 
 
Namun apabila pemerintah provinsi Bali membantu dengan sharing anggaran sebesar 68 persen dari kebutuhan dana, maka pemerintah kabupaten hanya cukup menyediakan anggaran Rp 18 miliar dari APBD Jembrana.
 
 
“Pemerintah provinsi sudah komitmen tidak lepas tangan terkait dengan JKN ini, sehingga kami berharap provinsi bisa membantu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jembrana I Putu Suasta, usai rapat kerja dengan Komisi C DPRD Jembrana, Selasa (6/3/2018).
 
Ketua Komisi C DPRD Jembrana, Ida Bagus Susrama mengatakan pemerintah kabupaten Jembrana dalam melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 8 tahun 2017, sudah siap dengan anggaran agar masyarakat tercover.
 
 
 
Dalam postur anggaran yang sudah disiapkan untuk 70 ribu jiwa yang ditargetkan masuk PBI daerah, namun Maret ini baru Jumlah PBI Daerah hingga saat ini hanya 33.923 jiwa dari seluruh jumlah penduduk.
 
Karena itu, pihaknya akan memanggil dinas sosial untuk menjelaskan mengenai jumlah masyarakat yang belum tercover PBI Daerah ini.(BB)