5 Pandangan, Ajakan, Harapan SBY di Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

  05 Januari 2018 POLITIK Nasional

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Dalam pidato politik awal tahun 2018 di kantor DPC Partai Demokrat Bogor, Jumat (5/1/2018), Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  menyampaikan lima hal pokok.
 
Presiden RI ke-6 tersebut, mengatakan bahwa Pemilu 2019, termasuk Pilkada 2018 bukan hanya kepentingan elit semata.
 
 
"Pemilu 2019 akan memilih presiden dan wakilnya, anggota DPR RI, dan Pilkada 2018 yang memilih bupati, wali kota beserta wakilnya, bukan kepentingan elit semata. Akan tetapi juga menjadi kepentingan dan urusan rakyat, karena menyangkut kehidupan dan masa depan rakyat kita," kata SBY.
 
Untuk itu, SBY menegaskan Partai Demokrat ingin menyampaikan lima hal yang merupakan pandangan,  ajakan, dan harapan. Pertama, agar menjaga moral dan etika politik dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.
 
 
"Tidak menghalalkan segala cara.  Secara moral, semua pihak wajib berbuat agar Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 berjalan jujur dan adil, tidak menghancurkan lawan-lawannya dengan kekuatan uang, apalagi melakukan hal yang memalukan," tegasnya.
 
Hal kedua, lanjut SBY, Partai Demokrat berharap penyelenggara pemilu menjaga integritas dan kualitas kinerjanya baik di Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019. Ketiga, mengingatkan netralitas negara, termasuk BIN, Polri, TNI, Kejaksaan, maupun BUMN dan BUMD. 
 
 
"Keempat, peran pers dan media yang indenpenden, adil, dan konstruktif, mutlak dibutuhkan. Dan yang terakhir atau kelima rakyat lah yang berdaulat dan menentukan," tandasnya.(BB).
 
 
BACA JUGA :