Bupati Bangli Serahkan Bantuan Gerbangdessigot di Desa Manikliyu

  25 September 2017 TOKOH Bangli

ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Bangli. Pelaksanaan Gerakan Membangun Desa Dengan Sistem Gotong Royong( gerbangdessigot) tahun 2017 di Kecamatan Kintamani di Laksanakan di Desa Manikliyu, Senin (25/9/2017). Acara yang dipusatkan di Balai Banjar Desa Manikliyu di hadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar SH.Mhum yang sekaligus menyerahkan secara simbolis Bantuan Gerbangdesigot sebesar Rp. 1 M, juga dihadiri oleh Kadis PMD Kab. Bangli I Dw Agung Riana Putra, anggota DPRD Kab. Bangli I Nengah Sugiman, Camat Kintamani I Wayan Dirgayusa. Serta tokoh dan masyarakat desa Manikliyu.

Pada kesempatan itu I Made Gianyar berkesempatan meletakkan batu pertama pembangunan Bali Desa Manikliyu, mengunjungi Bumdes pasar Desa dan Bedah rumah.

Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan Segala pembangunan di desa sudah banyak di anggarkan memelalui dana desa, BKK provinsi maupun dana dari pusat. Untuk di Kabupaten Bangli sendiri Dana Desa yang di salurkan sudah semakin meningkat dari tahun ke tahun, untuk tahun 2017 dana yang disalurkan sebesar Rp 75 M berikutnya di tahun 2018 ditingkatkan menjadi 100 M. Pihaknya berharap dengan bantuan yang sudah besar tersebut agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakt itu sendiri sehingga masyarakat hanya fokus untuk berkompotisi memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing. Dengan adanya dana ke Desa Kemiskinan di desa manikliyu sudah semakin menurun.

Ditambahkannya, di tahun 2018 nanti akan di anggarkan juga reward bagi desa-desa yang bisa menurunkan angka kemiskinan di daerahnya. Dijelaskanya juga di tahun 2017 desa yang mendapatkan bantuan gerbangdessigot sebanyak 6 desa yang tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Kintamani adalah Desa Belantih, Desa Kedisan, Desa Manikliyu. Kecamatan Susut adalah Desa Penglumaran, Kecamatan Bangli adalah desa Bunutun dan Kecamatan Tembuku adalah Desa Tembuku.

BACA JUGA :
 

Sementar itu Perbekel Desa Manikliyu I Ketut Garis  menyampaikan bantuan Gerbangdessigot yang di peroleh Desanya di tahun 2017 sebesar Rp. 1M yang akan digunkan untuk pembangunan balai masyarakat sebesar Rp. 500 Jt, membangun Bumdes yang diintegrasikan dengan pengelolaan pasar Desa sebesar Rp. 400 Jt dan Rp. 100 jt diarahkan untuk kegiatan sosial  yakni program bedaah rumah sebanyak 2 unit masing masing sebesar Rp. 25 jt.  Dan Rp. 50 jt  di gunakan untuk pelatihan wirausaha yang di laksanakan oleh TP PKK serta digunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan masyarakat penyandang disabilitas.

  

Ketut garis juga menyampaikan rasa terimakasih  kepada Pemkab. Bangli dan berharap bantuan yang diberikan  agar terus di lanjutkan di tahun-tahun mendatang. Lebih lanjut disampaiakn, Kami dalam melaksanakan pembangunan di Desa selalu melibatkan masyarakat melalui kegiatan gotong royong .  Disamping itu juga ada kegiatan pembangunan bumdes yang sudah tereliasasi berkat bantuan pemkab. Bangli yang sebelunya bumdes melalui pasar desa di desa manikliyu sangat minim pemasukan dan sekarang setelah di kelola oleh bumdes sudah semakin meningkat mudah-mudahan kedepannya lebih meningkat lagi karena bumdes akan bisa memajukan perkonomian di desa manikliyu. Ditambahkannya keuntungan dari bumdes sebagian juga akan di gunakan untuk desa adat  yang bisa nantinya meringankan beban masyarakat dalam kegiatan dewa yadnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kab. Bangli I Nengah Sugiman dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kepemimpinan I Made Gianyar dimana program-program yang sangat menyentuh masyarakat bisa berjalan dengan baik , pihaknya mendukung secara penuh segala pragram –program yang perintah Kab. Bnagli seperti Gerbangdessigot, Hot mix masuk desa, GGS. Di contohkannya program Gerbang Gita Santi yang mengadobsi  program PNPM Mandiri dimana dalam pengerjaannya melibatkan masyarakat dengan swadaya sehingga tercipta suatu persatuan krama desa setempat serta program GGS sangat transparan dan pertanggung jawabannya lebih mudah dan sasarannya lebih efektif, efiseen dan tepat guna. Pihaknya berharap segala bantuan yang di berikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa dipertanggungjawabkan.(BB)