Diguyur Hujan Deras, Pohon Besar Tumbang

  14 Juni 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Cuaca ekstrim yang melanda beberapa wilayah di Jembrana belakangan ini menyebabkan pohon berukuran besar yang tumbuh di Terminal Negara tumbang.
 
Pohon jenis Ancak yang tumbuh disisi selatan pintu keluar terminal Negara itu bagian tengahnya ambruk tersapu angin. Batang pohon setinggi tujuh meter tersebut ambruk menimpa bagian utara kantor terminal Negara dan Pos Retribusi.
 
Bagian dahan pohon yang tumbang tersebut juga menutupi setengah badan di depan Polres Jembrana hingga menggangu arus lalu lintas. Akibatnya kantor aset milik Dinas Perhubungan Perikanan dan Keluatan serta sebuah pos Perusahaaan Daerah (Perusda) Kabupaten Jembrana rusak berat.
 
 
Bagian utara kantor tersebut atapnya jebol serta kaca-kaca jendela tampak pecah bersyarakan akibat tertimpa pohon berusia puluhan tahun tersebut. Bahkan jalur jaringan kabel listrik PLN serta jaringan telpon milik Telkom yang melintang dibawah rerimbunan pohon tersebut.
 
 
Akibatnya aliran listrik disepajang ruas Jalan Pahlawan sejak Rabu dini hari mengalami pemadaman sehingga mengganggu aktifitas baik itu Pasar Umum Negara, Komplek Pertokoan, Polres Jembrana dan terminal serta pemukiman penduduk dibelakang Pasar Umum Negara.
 
Menurut Ketut Darmayasa (44), salah seorang warga Jembrana mengatakan, pohon terebut tumbang Rabu (14/6) sekitar pukul 02.00 Wita. Saat itu hujan deras, tiba-tiba pohon dipagar terminal itu roboh menimpa bangunan. Saat itu juga muncul percikan api dari kabel litrik.
 
Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana, I Made Maharimbawa dikonfirmasi melalui ponselnya mebenarkan kantor terminal dan pos retribusi tersebut tertimpa pohon tumbang Rabu dini hari.
 
Menurutnya usia pohon tersebut memang sudah cukup tua dan ambruk ketika diguyur hujan yang disertai angin kencang. Pohon tersebut memang tidak pernah dirabas karena setiap hari digunakan sebagai peneduh kendaraan yang parkir dibawahnya.(BB)