Cuaca Buruk, Pelabuhan Gilimanuk Tutup Satu Jam Lebih

  12 Juni 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Cuaca buruk kembali melanda perairan selat Bali petang tadi. Akibatnya otoritas pelabuhan terpaksa menutup pelabuhan karena membahayakan pelayaran.
 
Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, sejak sore tadi terjadi angin kencang dan hujan deras di kawasan Gilimanuk sekitarnya.
 
Situasi tersebut menimbulkan arus deras dan gelombang tinggi di perairan Selat Bali. Sehingga pihak ASDP Gilimanuk terpaksa menutup pelabuhan karena sangat membahayakan bagi kapal untuk berlayar.
 
Pelabuhan Gilimanuk ditutup pada pukul 18.19 Wita karena cuara buruk di Selat Bali tidak memungkinkan bagi kapal-kapal untuk berlayar.
 
"Hujannya sangat deras, angin kencang dan gelombang tinggi. Arusnya juga deras tak lama ada pemberitahuan pelabuhan ditutup,” ujar Suyanto, salah seorang sopir truk asal Probolinggo, Jawa Timur, Senin (12/6/2017).
 
Karena pelabuhan ditutup sementara dia yang hendak menyebrang ke pelabuhan Ketapang untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya terpaksa tertunda, menunggu pelabuhan dibuka kembali.
  
Meskipun pelabuhan Gilimanuk ditutup sementara informasi yang diperoleh tidak menimbulkan antrean panjang kendaraan yang hendak menyebrang ke Jawa. Antrean hanya terjadi di areal parkir pelabuhan.
 
"Antrean kendaraannya tidak terlalu panjang hanya di areal parkir tidak sampai ke luar pelabuhan,” imbuh Suyanto. 
 
Berselang satu jam lebih tepatnya pukul 19.43 Wita, pelabuhan Gilimanuk dibuka kembali karena cuaca di Selat Bali kembali normal. Kapal-kapal lembali bisa melakukan bongkar muat di sejumlah dermaga pelabuhan Gilimanuk. 
 
Kepala UPP Kelas III Gilimanuk Made Astika dikonfirmasi membenarkan penutupan pelabuhan Gilimanuk tersebut karena cuaca buruk yang melanda perairan Selat Bali.
 
Menurutnya akibat hujan lebat jarak pandang nahkoda menjadi terbatas dan angin kencang juga bisa membuat laju kapal berubah. Karena itu, demi keselamatan pelayaran, maka penyebrangan ditutup dan baru dibuka satu jam kemudian setelah cuaca kembali normal.(BB)