Awas Bakteri Berbahaya Tak Terlihat di Toilet Umum. Ini Bagian Toilet yang Jadi Sumber Penyakit!

Ilustrasi
Baliberkarya.com-Nasional. Meski terlihat bersih, ternyata toilet umum baik di mall, perkantoran, rumah sakit, kampus, kendaraan umum termasuk tempat yang berisiko bakteri. 
 
Ini bagian-bagian dari toilet yang menjadi sumber penyakit dalam toilet yakni gagang pintu, dudukan toilet, air bilasan, kran. Penyakit umum yang terjadi jika tidak bersih dalam menggunakan toilet umum yaitu infeksi saluran kemih.
 
 
Hal ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Dilansir dari Boldsky, tanda-tanda umum terkena infeksi saluran kemih pada perempuan yaitu:
 
 
1. Nyeri
 
Rasa terbakar pada saat buang air kecil, buang air kecil yang sedikit atau bahkan berdarah, mual, nyeri punggung belakang.
 
 
2. Bakteri Gardnella (Keputihan)
 
Keputihan dapat disebabkan oleh bakteri Gardnella. Penyebab keputihan bakteri Gardnella ini menimbulkan keputihan yang berwarna keabu-abuan, baunya amis, berbuih, dan juga berair. 
 
Keputihan jenis ini juga dapat menimbulkan rasa gatal pada vagina sehingga memberikan rasa tidak nyaman. Selain itu ada juga penyebab keputihan akibat bakteri Treponema Pallidium.
 
 
3. Parasit Trichomonas Vaginalis
 
Parasit jenis ini adalah penyebab keputihan dengan ciri-ciri cairan berwarna kuning atau kehijauan, sangat kental, berbau anyir, dan berbuih. 
 
Penyebab keputihan ini biasanya ditularkan melalui bibir kloset yang terkontaminasi parasit, atau juga perlengkapan mandi yang dipakai secara bersama-sama.
 
 
4. Staphilococcus sp,
 
Bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai bisul dan dapat menjadi infeksi yang resisten terhadap antibiotik. Juga terdapat E.coli, bakteri Enterococcus (bakteri dalam kotoran yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih)
 
Nah, untuk menghindari risiko penyakit tersebut, ini yang perlu diperhatikan dalam penggunaan toilet umum yaitu:
 
1. Pakailah toilet jika memang sangat sangat diperlukan. Jangan lupa sebelum dan setelah menggunakan, cuci tangan dahulu dengan sabun. Sebelum menggunakan, pastikan bersihkan dan keringkan dudukan toilet dengan tissue terlebih dahulu.
 
2. Perhatikan air untuk membilas pada bak. Lebih baik anda menggunakan air yang langsung dari kran. Jika perlu, gunakan handuk atau tissue untuk menyeka air bekas bilasan
 
3. Gunakan alas tangan ketika memegang kran, pengering tangan dan gagang pintu dari toilet umum, hindari kontak langsung.
 
4. Lebih baik menggunakan toilet jongkok dibandingkan toilet duduk jika ada dua pilihan.(BB/arah).

TAGS :

Komentar