Pimpin Apel Disiplin Paripurna Perdana, Bupati Bangli Ingatkan OPD Pahami Program Kerja

Baliberkarya.com/ist

Baliberkarya.com - Bangli. Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangli tidak asal-asalan dalam membuat program kerja. Bupati Made Gianyar meminta pegawai benar-benar memahami program kerja yang dibuat dengan payung hukum yang jelas. Jangan sampai saat ada pertanyaan dari institusi pemeriksa keuangan, pegawai yang menangani tidak bisa menjelaskan secara gamblang program kerja yang dibuat serta aturan pendukungnya. Hal ini disampaikan Bupati Made Gianyar saat pelaksanaan perdana apel paripurna disiplin pegawai dilingkungan Pemkab Bangli, Senin (17/4/2017) di Lapangan Kapten Mudita Bangli.

Bupati mengatakan, membuat program kerja ibarat membuat skripsi, dimana si pembuat harus tahu isi yang dibahas didalamnya. Sehingga bagaimana mungkin mahasiswa bisa lulus ujian skripsi kalau tidak memahami apa yang dibuat. Begitu juga di pemerintahan, bagaimana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa bekerja dengan baik kalau tidak memahami program kerja yang dibuat dengan baik. Apalagi ditambah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya kurang baik. Jangan sampai saat ada pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) OPD tersebut tidak bisa menjelaskan dan mempertanggungjawabkan  program yang dibuat. "Kita minta OPD bisa membuat dan memahami program kerjanya dengan baik. Sehingga ketika ada pemeriksaan dari BPK bisa memberikan penjelasan dengan baik, ”pintanya.

Selain itu Bupati Made Gianyar juga mengingatkan agar OPD yang belum pernah diperiksa BPK agar tidak merasa jumawa bahwa SKPDnya sudah baik. Bisa jadi setelah diperiksa banyak permasalahan yang muncul. Intinya, lanjut dia, semua OPD harus berbenah dan bekerja dengan baik sesuai aturan. Jangan sampai ada kesan ASN kurang kerjaan, padahal jika dijalankan dengan benar profesi ASN adalah profesi yang paling sibuk di dunia ini. Karena semua urusan masyarakat diatur oleh pemerintah melalui ASN. “Jadi tidak benar profesi ASN kurang kerjaan. Kalau memang serius profesi ASN adalah yang tersbibuk dibandingkan profesi lainnya”terangnya.

Terkait dengan pelaksanaan apel disiplin paripurna pegawai yang akan dilaksanakan setiap bulan pada tanggal tanggal 17 sebagai pengganti apel disiplin pegawai yang sebelumnya dilaksanakan pada minggu pertama dan minggu ketingga setiap bulan, Bupati Made Gianyar menjelaskan bahwa tidak akan mentoleransi pegawai yang tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas. kalau dia pejabat akan langsung dibebas tugaskan, kalau dia staf Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP)nya akan dipotong selama sebulan. “Apel disiplin paripurna pegwai merupakan apel yang keramat. Tidak boleh ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan yang tidak jelas,” pungkasnya.(BB).


TAGS :

Komentar