'Suku Mante' Manusia Kerdil Berjalan 'Sangat Cepat' & Indera 'Penciuman Tajam

istimewa
Baliberkarya.com-Nasional. Suku Mante adalah salah satu "Hobbit" dari Indonesia. Beberapa waktu lalu, ada video viral tentang pengendara motor trail di hutan Aceh, yang melihat orang kerdil berjalan sangat cepat. 
 
 
Menurut ahli antropologi, mereka ternyata adalah orang dari suku Mante. Padahal sebelumnya suku ini sempat dinyatakan punah.
 
 
Suku ini biasanya berada di sekitar Gunung Leuser, Aceh. Di daerah itu memang masih alami, belum tersentuh oleh manusia modern. Di sana banyak juga hewan yang hidup secara liar seperti badak, orang utan, harimau, gajah, dan masih banyak lagi.
 
Suku Mante mempunyai ciri-ciri lincah dan bertubuh mungil dengan tinggi hanya sekitar 90 cm. Indera penciuman suku ini juga sangat tajam, sehingga ketika ada manusia mendekat pun, mereka langsung tau dan pergi. Indera penciuman mereka seperti yang ada pada badak, jarak 100 meter pun mereka bisa merasakannya.
 
 
Mereka juga hidup secara bergerombol. Makanan utama suku Mante adalah ikan yang biasa ditemukan di sekitar sungai serta tanaman-tanaman tertentu. 
 
 
 
Selain itu mereka juga sering memakan kumer, yaitu sejenis salak hutan, namun memiliki rasa yang sangat asam dan hanya ada di dataran rendah saja.(BB/Mds/net).

TAGS :

Komentar