Bantu Sesama, Ormas PBB Klungkung Gelar Aksi Sosial Donor Darah

  20 Maret 2017 KESEHATAN Klungkung

Ormas PBB Klungkung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Jajaran organisasi masyarakat, Ormas, Pemuda Bali Bersatu, PBB, kabupaten klungkung, mendonorkan darah mereka untuk membantu sesama yang membutuhkan. Aksi sosial donor darah dipusatkan di   Palang Merah Indonesia, PMI, RSUD Klungkung.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi tersebut, mendapat animo puluhan anggota salah satu ormas terbesar di Pulau Baliitu. Secara sukarela, Satu persatu anggota ormas PBB Klungkung ini menjalani tes dan kemudian diambil sekantung darah mereka untuk kemudian diberikan kepada sesama yang membutuhkan.  

BACA JUGA : Nobar Siaga Malam Minggu, Kapolres Klungkung Sampaikan Pesan Kamtibmas ke Masyarakat

Ketua Penasehat PBB Kabupaten Klungkung, Ketut Sweden mengatakan aksi donor darah ini rutin dilaksanakan oleh ormas PBB sebagai salah satu bentuk aksi social yang dijalankan sebagai masyarakat Bali untuk ikut menjaga sesamanya. Selain aksi ini, Sweden juga mengaku ikut andil semua kegiatan yang sifatnya social tidak saja di Kabupaten Klungkung melainkan Bali pada umumnya.

"Saat bencana Songan kami juga turun ikut melakukan aksi bersih-bersih, di Pura teratai Bang di Tabanan juga kami melakukan aksi sosial untuk membantu keluarga kita yang sedang kesusahan,"ucap Sweden.

Dibidang olah raga, lanjut Sweden, pihaknya juga terus memacu semangat keolahragaan dengan menggelar event pentandingan dan pada Bulan April nanti juga ada event khusus olahraga yang dibuat PBB Klungkung dalam rangka hari ulang tahun PBB ke ke-15 pada 1 Juni 2017.

Hal senada disampaikan Ketua PBB Klungkung I Komang Suantara alias Otal. Menurutnya, kegiatan positif yang dilakukan ormas PBB Klungkung selain sebagai instruksi dari Pusat juga memang kegiatan sosial untuk membantu sesama.

"Donor darah ini misalnya, satu tetes darah sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan, dan jika dibutuhkan lagi kami siap berdonor," katanya.

BACA JUGA : Polsek Nusa Penda Bina Pecalang Kamtibmas

Selain itu, donor darah ini banyak juga diikuti oleh anggota yang baru pertama kali ikut berdonor, atas dasar kemauan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota Ormas untuk menghilangkan stigma negatif di masyarakat. Semua darah yang berhasil dikumpulkan nantinya diharapkan bisa membantu umat yang membutuhkan darah.

PBB Klungkung juga menjadi bagian dari perdamaian yang digagas Kapolres dan mengikuti setiap kegiatan keolahragaan yang memang menjadi salah satu kegiatan penting ormas PBB Bali.

"Kami berharap, sesuai paradigma baru yang dibangun PBB yang berdiri sejak 1 Juni 2002, sebagai ormas modern ingin menampilkan citra positif lewat aksi-aksi nyata, menyentuh langsung terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat di bawah," papar Otal yang juga anggota DPRD Klungkung ini.

Salah satu Anggota ormas PBB Klungkung, Eka Sartika selama ikut di Ormas PBB ini ia sudah menyumbangkan tiga kantung darahnya. "Mudah-mudahan ini berguna, dimana awalnya saya takut tapi setelah diajak oleh PBB akhirnya bisa dan berani berkat dorongan teman-teman semua," ungkapnya.

Sementara itu, Dokter Komang Parwata selaku Kepala UTD PMI Kabupaten Klungkung mengatakan selama ini stok darah di Kabupaten Klungkung sudah tercukupi.

"Bantuan ormas-ormas ini sangat mendukung adanya darah di Klungkung, utamanya untuk stok Rumah Sakit dan Puskemas," sebutnya.

BACA JUGA : Polsek Dawan Amankan Sholat Jumat di Masjid Kampung Kusamba

Bahkan, PMI Klungkung kerap membantu darah ke daerah lain, seperti Bangli, Karangasem dan lainnya. Namun untuk darah-darah yang langka utamanya AB paling dicari di Kabupaten Klungkung dan seluruh Indonesia, karena yang memiliki darah ini sangat langka.

"Ternyata darah AB banyak ada di Ormas-ormas ini sehingga kami sangat terbantu," pungkasnya.(BB).