Polsek Dawan Gelar Pembinaan Pecalang dan Kamtibmas

  13 Maret 2017 PERISTIWA Klungkung

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Polsek Dawan sebagai satuan terdepan Polri dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, salah satunya mengemban tugas fungsi pembinaan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas diwilayah hukum Polsek Dawan.

Sebagai wujud nyata fungsi pembinaan, Polsek Dawan melakukan pembinaan terhadap pecalang Kamtibmas Desa Pakraman Dawan wewidangan kelod pada Minggu (12/3/ 2017) jam 19.00 Wita di Balai Banjar Tengah Desa Dawan Kelod Kecamatan Dawan, Klungkung. Pembinaan pecalang ini dihadiri pula oleh Bhabinkamtibmas Desa Dawan Kelod, Perbekel Desa Dawan Kelod, Bendesa Adat Dawan.

BACA JUGA : Sat Narkoba Polres Klungkung Amankan 3 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Kegiatan Pembinaan Pecalang Kamtibmas ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Pecalang Kamtibmas Desa Pakraman Dawan wewidangan kelod yang diisi oleh Wakapolsek Dawan Iptu I Wayan Sujana, SH. bersama Kanit Binmas Polsek Dawan Iptu Ni Kadek Wahyuningsih dan Ketua Pecalang Kecamatan Dawan I Nyoman Sudarsa.

Pembinaan ini dilaksanakan melanjutkan terobosan kreatif Bapak Kapolres Klungkung AKBP. F.X. Arendra Wahyudi, Sik. tentang Pecalang Kamtibmas.

Kegiatan pembinaan terhadap Pecalang Kamtibmas Desa Pakraman Dawan wewidangan kelod yang diikuti sekitar 30 peserta, sebagai bentuk kegiatan pembinaan terhadap Pam Swakarsa dengan memberikan materi “Tugas Pokok Fungsi Pecalang, Peranan Pecalang , Sesana Pecalang, Busana Pecalang.

BACA JUGA : Pimpin Apel Pagi, Wakapolres Klungkung Ajak Personelnya Jaga Kebersihan, Kesehatan dan Penampilan

Selain itu juga diberikan materi tambahan berupa “Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara” manakala menemukan peristiwa pidana diwilayah kerjanya dan gerakan dasar pengaturan Lalulintas di jalan raya. Dalam pelaksanaan pembinaan/pelatihan ini dipandu oleh Waka Polsek Dawan Iptu I Wayan Sujana,SH., bersama Kanit Binmas Polsek Dawan Iptu Ni Kadek Wahyuningsih.

Disampaikan pula terkait pengamanan serangkaian penyambutan Hari Raya Nyepi tahun baru caka 1939, pengawasan dan pendataan penduduk pendatang, Narkoba dan perkembangan situasi Kamtibmas terakhir diwilayah Hukum Polres Klungkung tentang pencurian pretima untuk diwaspadai, agar tidak sampai terjadi diwilayah kita.

Tujuan pembinaan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan para Pecalang, khususnya Pecalang Kamtibmas dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan peranannya dan memberikan gambaran tentang Tindakan pertama di Tempat Kejadian Perkara serta pengaturan arus lalulintas.

BACA JUGA : Bupati Suwirta Hadiri RAT KSU Walet Sari Tahun Buku 2016

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sarana kontak oleh Bhabinkamtibmas Desa Dawan Kelod Aiptu Gede Yoga yang diterima oleh Ketua Pecalang Desa Pakraman Dawan wewidangan kelod Kadek Wiradarma.(BB)