Parlemen Thailand Belajar Budaya dan Pariwisata ke DPRD Bali

  13 Maret 2017 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Pasca kepulangan Raja Salman, Bali kembali kedatangan tamu dari negara tetangga. Kali ini tamu tersebut adalah rombongan parlemen Thailand dipimpin langsung H.E. Prof. Pompetch Wichitcholchai, Presiden Majelis l.egislatif Nasional (NLA) Thailand. Yang menarik kedatangan mereka ke Bali untuk belajar mengelola budaya dan pariwisata. Padahal, selama ini Thailand merupakan kompetitor utama Bali dalam menggaet wisatawan.
 
 
Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, S.Sos., M.Si. didampingi para Wakil Ketua, Ketua Komisi dan Ketua Fraksi serta Tim Ahli DPRD, menerima kunjungan kehormatan dari Ketua Parlemen Thailand bersama delegasi. Ketua Parlemen Thailand atau dengan sebutan Presiden Majelis Legislatif Nasional Kerajaan Thailand, Prof.Wichitcholchai datang bersama rombongannya yang berjumlah 9 orang yaitu Sraya Wichitcholchai, Suvimol Phumisingharaj, Wararat Atibaedya, Sras Tamsakul, Phicheth Kitisin, Natchtanun Roopkhajorn, Manee Suesongthm, Nisaporn Wiboonchan, dan Wannapat Chaitep.
 
Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama menyampaikan selamat datang di Pulau Bali kepada rombongan Legislatif Thailand. Bali merupakan destinasi pariwisata Indonesia yang banyak dikunjungi wisman karena memiliki keindahan alam maupun budaya yang sangat klasik.
 
“Dengan kedatangan rombongan Thailand ke Bali bisa nantinya bekerja sama dalam bidang pariwisata,” ujarnya.
 
Presiden Majelis Legislatif Sraya Wichitcholchai mengaku sangat senang datang ke Bali, karena budaya Thailand hampir sama dengan Bali.
 
 
“Selain itu Bali juga banyak mempunyai pantai yang indah dikunjungi wisman sehingga kami nanti bisa bekerja sama dalam dunia pariwisata. Kami juga mempunyai problem yang sama seperti Bali tentang transportasi serta kemacetan, karena banyaknya kendaraan yang tidak terdaftar tetapi ikut mengambil keuntungan atau bisnis dunia jasa tranportasi,” jelasnya.
 
Dalam sesi dialog, Ngurah Adhi Ardhana dari Komisi II menyampaikan bahwa bahwa Bali menaruh harapan besar terhadap perkembangan dan kemajuan pariwisata yang dilandasi adat dan budaya Bali. Oleh karena itu kehadiran tamu dari mancanegara merupakan peluang bagi Bali untuk lebih memperat hubungan kerja sama dan disisi lain sebagai ajang promosi gratis bagi pariwisata bali.
 
Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry menyampaikam bahwa Bali memiliki adat istiadat yang sangat kental sehingga masyarakat sangat menghormati dan menghargai budayanya karena Bali merupakan penyumbang devisa terbesar di bidang pariwisata.
 
 
Acara diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata oleh Ketua Parlemen Legislatif Thailand dengan Ketua DPRD Provinsi Bali, dan foto bersama. Rombongan delegasi juga sempat berkeliling kantor DPRD melihat gedung dan bangunan yang khas dengan ornamen dan arsitektur Bali. (BB)