Ikut Bakti Sosial di Banjar Pande Benoa, Sudikerta Gugah Kepedulian Jaga Kebersihan Lingkungan

Baliberkarya/ist
Baliberkarya.com - Badung. Meski sudah dikenal di mancanegara dengan destinasi pariwisata yang indah dan nyaman, Pulau Bali tetap dituntut serius melakukan upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan secara konsisten dan terpadu. 
 
Upaya ini harus dilakukan secara masiv dan menyeluruh, tidak saja oleh pemerintah , namun juga perlu didukung oleh kepedulian seluruh komponen masyarakat. Pemprov Bali sendiri melalui  Program Bali Green Province terus menggalakan gerakan Bali clean and green di masyarakat. 
 
Demikian diampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Ketut Wija saat menghadiri acara Kerja Bakti Sosial di Banjar Pande, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan-Badung, pada Minggu (5/2/2017) pagi. 
 
”Tidak saja sekedar penting bagi promosi di bidang pariwisata, namun hal ini memiliki implikasi luas yang memperlihatkan karakter dan perilaku masyarakat Bali di dalam menjaga lingkungan,” ujar Sudikerta. 
 
Lebih jauh disampaikan,  lingkungan yang bersih akan mempengaruhi kualitas hidup, namun sebaliknya lingkungan yang kotor dan jorok akan menjadi sumber berbagai macam penyakit. Sudikerta menekankan pentingnya  peran aktif masyarakat untuk mengembangkan budaya bersih melalui perubahan perilaku masyarakat, anak-anak sekolah, Perguruan Tinggi dan pengelola kawasan suci serta obyek wisata dengan melakukan pengelolaan sampah dengan sistem 3-R (reduce, reuse, dan recycle). 
 
Selain itu juga upaya pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, melalui pengolahan limbah, pemilahan dan penyaluran sampah plastik (anorganik), dan komposting; pemanfaatan Coorporate Social Responsibility untuk pelestarian lingkungan hidup; efisiensi energi, air, dan mendorong untuk melakukan upaya-upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim. 
 
Lebih lanjut, Sudikerta juga mengapresiasi kegiatan hari minggu yang rutin di lansakan oleh masyarakat Banjar Pande yang melibatkan seluruh komponen masyarakat baik tua maupun muda  untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar. Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya sekedar simbolis mengisi hari minggu  semata melainkan secara kontinyu terus dilakukan dengan merangkul seluruh masyarakat sekitar, sehingga muncul kesadaran masyarakat  untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
 
Dalam kesempatan tersebut juga hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung Nyoman Kariana,  Sudikerta juga menyerahkan bantuan satu buah kursi roda kepada Ni Wayan Mendri (60th) yang menderita penyakit diabetes.  Disamping itu acara juga di meriahkan dengan kehadiran Fasilitas Kesehatan Tingkat I dari BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Banjar Pande. (BB).

TAGS :

Komentar