Peduli Ekosistem! Yoki Beli Ikan Langka Namun Dilepasliarkan di Pantai Gilimanuk

  14 Februari 2017 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Nelayan bersama warga peduli ekosistem laut melepasliarkan 7 ekor hiu sirip hitam di Pantai Arum, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Selasa (14/2/2017).
 
Salah seorang warga Gilimanuk peduli ekosistem laut Yoki Sinugroho  mengatakan, laut merupakan mata pencaharian warga Gilimanuk. Namun dengan adanya pemanasan global ikan akan semakin punah. 
 
 
"Karena itu kami berusaha melestarikan dan menampung ikan-ikan yang ditangkap nelayan khususnya ikan-ikan yang semakin langka. Daripada ikan langka dijual murah dan karena sayang, kami beli dengan harga yang agak mahal," ujar Yoki.
 
 
Setelah ikan-ikan langka itu dibeli dari nelayann menurut Yoki pihaknya kemudian memelihara dan setelah sehat dikembalikan ke laut dan melestarikannya. 
 
 
Pihaknya sejak awal sudah mengingatkan nelayan agar tidak membunuh ikan-ikan langka yang ada, namun agar dipelihara dan kemudian dilepasliarkan kembali. 
 
 
 
Tujuh ekor ikan hiu itu saat didapat nelayan ukuran 30 cm hingga 40 cm namun ketika dipelihara beberapa bulan kini sudah 80 cm sehingga sudah cukup kuat untuk dilepasliarkan. 
 
Diharapkan para nelayan tidak mengambil dan membunuh ikan-ikan yang makin langka dan melestarikannya untuk masa mendatang.(BB).