Wah! 5 WNI Diduga Anggota ISIS Kini Diperiksa Intensif Polda Bali

  25 Januari 2017 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Lima Warga Negara Indonesia (WNI) yang tergabung menjadi anggota ISIS berhasil ditangkap pemerintah Turki tiba Selasa 24 Januari 2017 pukul 22.15 WITA. Kelimanya diduga terkait ISIS berasal Cilincing Jakarta Utara dan begitu tiba di Bali mereka langsung diamankan untuk menjalani pemeriksaan di Mapolda Bali
 
Awalnya kelima orang tersebut yakni TUAB, NK, NAA, MSU dan MAU diterbangkan menggunakan maskapai Emirates Airlines dengan nomor penerbangan EKO398 dari Dubai menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. 
 
 
Kabid Humas Polda Bali, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKPB) Hengky Widjaja membenarkan tentang kedatangan lima WNI dari Turki yang diduga anggota ISIS. "Iya benar, mereka sekarang sedang menjalani pemeriksaan di Polda Bali," ucapnya, Rabu 25 Januari 2017.
 
Keberangkatan mereka ke Turki dilakukan pada 15 Agustus 2016 melalui Bandara Soekarno-Hatta dan tak langsung menuju Turki, melainkan ke Thailand terlebih dahulu. Sesampainya di Thailand, mereka lalu menghubungi AY, panitia yang memberangkatkan kelimanya. 
 
"Selanjutnya AY memberitahu jika telah sampai di Turki segera menghubungi A alias AJ, panitia yang mengakomodir mereka di Turki," jelasnya.
 
 
Setibanya di Turki, mereka dijemput orang auruhan A alias AJ berinisial IB dan diajak bertemu orang Indonesia lainnya berinisial UU, AM, AL, NBL dan UA yang kesemuanya asal Lamongan, Jawa Timur. 
 
"Selama di Turki mereka difasilitasi oleh AY yang merupakan warga negara Turki," terangnya.
 
Namun, pada 16 Januari 2017 mereka digerebek dan ditangkap oleh 20 tentara Turki sekitar pukul 03.00 waktu setempat di Save House lantaran diduga mereka hendak bergabung dengan kelompok ISIS.
 
 
Mereka akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan kesehatan dan langsung menjalani penahanan di tahanan kepolisian. Kemudian mereka terpaksa mendekam selama satu minggu sebelum akhirnya diputuskan dipulangkan ke Indonesia dari Istanbul, Turki melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai.(BB).